Ternyata, Begini Alasan Laksamana Yudo Pindahkan Markas Lanal Lampung ke Caligi

Ternyata, Begini Alasan Laksamana Yudo Pindahkan Markas Lanal Lampung ke Caligi
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono meresmikan Gedung Markas Komando (Mako) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Caligi pada Selasa (8/3/2022). Foto: Dispenal

jpnn.com, LAMPUNG - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono meresmikan Gedung Markas Komando (Mako) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Lampung Caligi.

Peresmian Mako Lanal Lampung yang beralamat di Jalan Raya Teluk Ratai, Desa Batu Menyan Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran, Lampung berlangsung pada Selasa (8/3).

Gedung Mako Lanal Lampung Caligi yang selesai pengerjaannya pada 15 Desember 2021 ini memiliki fungsi sebagai pendukung satuan operasi seperti KRI dan Pesawat Udara TNI yang dilengkapi dengan fasilitas 5R yaitu Refuel (Pengisian BBM), Replanishment (Penambahan Perlengkapan), Repair (Reparasi Perbaikan), Rest (Istirahat), dan Recreation (Hiburan).

Gedung Mako Lanal Lampung tersebut berdiri di atas lahan seluas 192 hektare dengan luas bangunan 990 meter², serta memiliki dua lantai.

KSAL menyampaikan Pangkalan yang merupakan organisasi permanen dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia, selain mengemban tugas-tugas yang telah ditetapkan, sekaligus juga menjadi representasi dan etalase TNI Angkatan Laut di daerah.

Oleh karena itu, tampilan Pangkalan yang salah satunya dalam wujud gedung perkantoran harus mencerminkan kebanggaan, kewibawaan, kehormatan dan profesionalisme TNI Angkatan Laut secara umum.

“Markas Komando Pangkalan idealnya berada tidak jauh dari fasilitas Pangkalan yang dimiliki, khususnya fasilitas labuh, sehingga tugas pokok sebagai Komando Pelaksana Dukungan dapat dilaksanakan secara optimal,” tegas Laksamana Yudo.

Atas dasar itulah, KSAL membangun dan memindahkan Markas Komando Lanal Lampung ke Caligi dengan bangunan perkantoran yang memadai dan representatif.

KSAL Laksamana Yudo membangun dan memindahkan Markas Komando Lanal Lampung ke Caligi, begini alasannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News