Ternyata Ini Alasan PSSI Belum Umumkan Nama Pemain Timnas

Ternyata Ini Alasan PSSI Belum Umumkan Nama Pemain Timnas
Ilustrasi. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Pelatih Tim Nasional Indonesia, Alfred Riedl sudah menyerahakan total 40 nama kepada PSSI untuk didaftarkan ke AFF (Asean Football Federation). 

Sayangnya, hingga hari ini otoritas tertinggi sepak bola nasional itu belum juga merilis nama-nama pemain Timnas Indonesia yang akan didafarkan untuk berlaga di Piala AFF 2016 nanti. 

Setelah menahan imbang Vietnam 2-2 saat ujicoba di Stadion Maguwoharjo, 9 Oktober lalu, Riedl mengatakan, nama-nama pemain sudah harus diumumkan pada 15 Oktober. 

“Saya juga tidak tahu alasan PSSI belum mengumumkan nama nama itu. Tapi, mungkin besok (hari ini Red) sudah ada informasi dari mereka,” kata Wolfgang Pikal, asisten pelatih Timnas, seperti diberitakan Indopos (Jawa Pos Group) hari ini (18/10).

Menurut Pikal, ada 40 nama dengan di antaranya enam kiper yang mereka daftarkan ke AFF. Mereka memang sengaja mendaftarkan pemain dalam jumlah banyak karena untuk menghindari klub yang suka menggandoli pemainnya yang dipanggil ke Timnas seperti Pusamania Borneo Football Club (PBFC) yang melarang kiper Dian Agus bergabung ke Timnas. 

Bila ada total 40 pemain yang didaftarkan, maka besar kemungkinan Riedl memanggil lebih dari dua pemain dari setiap klub. Sebab, kalau merunut pada regulasi pembatasan maksimal dua pemain dari setiap klub, maka total maksimal pemain yang bisa diambil Riedl dari 18 klub peserta Torabika Soccer Championship (TSC) adalah 36 pemain. 

Hanya saja, pria asal Austria ini enggan menyebutkan siapa saja pemain yang dia sodorkan ke PSSI tersebut. Dengan alasan, pengumuman nama nama pemain Timnas itu adalah kewenangan mutlak dari PSSI. “Tapi, semua pemain yang kami sodorkan adalah mereka yang selama ini bermain bagus di kompetisi yang sedang berjalan,” lanjutnya. 

Di sisi lain, salah satu sumber internal di PSSI mengatakan, mereka memang belum bisa mengumumkan nama-nama pemain yang didaftarkan tersebut karena masih melakukan negosiasi dengan klub. Terutama kepada total 24 pemain yang akan dipanggil ke pemusatan latihan (TC) di Solo pada 20 Oktober nanti. 

JAKARTA – Pelatih Tim Nasional Indonesia, Alfred Riedl sudah menyerahakan total 40 nama kepada PSSI untuk didaftarkan ke AFF (Asean Football

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News