Ternyata Menko Luhut Mantan Atlet PON

Ternyata Menko Luhut Mantan Atlet PON
Luhut Pandjaitan. Foto : dok jpnn

jpnn.com - Tak banyak yang tahu kalau ternyata Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan pernah menjadi atlet PON mewakili Riau. Hal itu dikatakannya saat berkunjung ke Pekanbaru belum lama ini.

Menurut Luhut dia menghabiskan sebagian masa kecil dan remajanya di Rumbai, Pekanbaru. Salah satu tempat favoritnya adalah Sungai Siak. Sungai tersebut banyak bercerita mengenai hidupnya. Juga, saat dia berkesempatan menjadi seorang atlet.

’’Saya dulu berenang di Sungai Siak ini waktu masih kecil,’’ ujar Luhut saat berbicara di hadapan para perangkat desa.

Dia ingat betul, sekitar 1950-an Sungai Siak begitu jernih sehingga anak-anak sangat suka berenang di alirannya. Termasuk Luhut kecil yang memang hobi berenang. Sungai Siak juga telah menempa Luhut hingga memiliki postur tubuh proporsional. Dia akhirnya jago berenang dan lolos seleksi pelatda.

’’Saya mewakili Riau di PON Bandung dalam cabang renang waktu itu,’’ katanya. Tepatnya pada PON V yang dilangsungkan pada September 1961 di Kota Kembang.

Luhut mengungkapkan kegembiraannya setelah mengetahui Sungai Siak kini kembali bersih. Sebab, beberapa tahun belakangan air sungai tersebut sangat kotor. Kini anakanak bisa kembali bebas bermain di sungai itu. Tak ayal, pidato kenangan singkat tersebut mendapat sambutan meriah dari para perangkat desa. (byu/c15/agm/pda)


Tak banyak yang tahu kalau ternyata Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan pernah menjadi atlet PON mewakili Riau. Hal itu dikatakannya saat berkunjung


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News