Terseret Arus Sungai, Kapal Tongkang Menghantam Jembatan Mahakam, Nih Penampakannya

Terseret Arus Sungai, Kapal Tongkang Menghantam Jembatan Mahakam, Nih Penampakannya
Kapal Tongkang batubara menabrak pilar Jembatan Mahakam Samarinda, Kalimantan Timur pada Senin (28/3/2022) pagi. Foto : KSOP Samarinda.

jpnn.com, SAMARINDA - Kapal tongkang bermutan batu bara kembali menabrak Jembatan Mahakam di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim).

Kali ini ada empat kapal tongkang yang menabrak jembatan sepanjang 400 meter tersebut secara bersamaan.

Peristiwa ini terjadi pada Senin (28/3) pagi tadi. Video detik-detik tertabraknya pilar Jembatan Mahakam sempat terekam kamera ponsel warga dan viral di media sosial.

Kasi Keselamatan Berlayar, Penjagaan, dan Patroli KSOP Samarinda Kapten Slamet Isyadi mengatakan keempat kapal tongkang itu bernama lambung GT 19, Dolphin11, Dolphin15, dan Dolphin 18. 

Menurut dia, keempat kapal itu mulanya sedang bersandar di dermaga kawasan Jalan Slamet Riyadi. Diduga tali tambat yang mengikat keempat kapal tersebut putus. Derasnya arus Sungai Mahakam membawa keempat kapal tongkang mengarah ke jembatan yang diresmikan oleh Presiden Soeharto tersebut. 

"Dari hasil klarifikasi yang disampaikan nakhoda, kapal hanyut menabrak salah satu pilar Jembatan Mahakam," kata dia saat ditemui JPNN.com, Senin (28/3).

Slamet menuturkan, mulanya hanya dua kapal tongkang yang tali tambatnya putus. Namun, karena arus begitu deras membuat dua kapal lainnya ikut terdorong.

“Hanya dua kapal saja yang mengenai pilar jembatan, duanya lagi tertahan di sisi kapal yang menabrak," terangnya.

Jembatan Mahakam Samarinda, Kalimantan Timur kembali ditabrak kapal tongkang bermuatan batu bara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News