Minggu, 21 April 2019 – 15:14 WIB

Terungkap! Begini Modus Pelaku Kasus kejahatan Skimming Asal Bulgaria

Jumat, 08 Februari 2019 – 09:50 WIB
Terungkap! Begini Modus Pelaku Kasus kejahatan Skimming Asal Bulgaria - JPNN.COM

jpnn.com, DENPASAR - Aparat Polda Bali akhirnya berhasil menangkap lima pelaku kejahatan skimming. Kelima pelaku yang ditangkap di jalan dan salah satu vila di kawasan Pecatu, Kuta Selatan, Minggu (3/2) lalu masing-masing bernama Ivalyo Filipov Trifonov, 44, George Jordanov, 47, Todor Krasimirov Dobrev, 42, Andrey Iliev Peytchev, 42, dan Varadin Nikolaev Popov, 29.

Dari hasil penyelidikan sementara yang dilakukan kepolisian, kelima WNA Bulgaria itu memiliki modus khusus dalam melakukan aksinya.

Menurut Direskrimum Polda Bali, Kombes Pol Andi Fairan, Kamis (7/2) sore, dalam melakukan aksinya, tahap awal yang mereka lakukan adalah memasang skimmer pada mesin ATM Mandiri yang jadi target.

BACA JUGA: Kasus Skimming: Uang Nasabah BNI Ditarik dari ATM Malaysia

Skimmer tersebut disambung dengan router card, kemudian kabel berhubungan dengan modem ATM dan masuk ke cut rider.

"Sehingga saat ada transaksi akan termonitor masuk ke modem," kata Kombes Pol Andi Fairan seperti dilansir Radar Bali (Jawa Pos Group).

Untuk memuluskan semua proses tersebut, para pelaku memasang kamera pengintai berukuran kecil pada kanopi (penutup) tombol pin untuk merekam langsung nomor pin nasabah yang akan menarik uang di ATM.

"Setelah itu, data divalidasi ke kartu putih yang lengkap dengan nomor pin. Semua kartu ada nomor pinnya sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengambil uang nasabah di ATM yang ada," terangnya.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar