Terungkap! Dana Asing, Selain Dikirim ke Yayasan Juga Dikirim ke Teroris Buat Beli Senjata

Terungkap! Dana Asing, Selain Dikirim ke Yayasan Juga Dikirim ke Teroris Buat Beli Senjata
Ketua PPATK Muhammad Yusuf. foto: Dokumen JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Ketua PPATK Muhammad Yusuf mengatakan, dana asing yang dikirim seseorang ke Indonesia bukan hanya diberikan pada yayasan. Tapi juga dikirim ke seorang berinisial H untuk membeli senjata.

"Uang dikirim ke seorang bernama H. Kemudian dikirim ke pemasok senjata di Filipina. Jadi omongan Menkopolhukam soal pembelian senjata ada hubungannya dengan yang kami temukan" ujar Yusuf di kompleks Istana Negara, Jakarta, Senin (18/1).

Menurutnya, untuk pembelian senjata ada pengiriman dana puluhan juta. Yusuf tidak merinci nominalnya. Sementara pengiriman lainnya hanya bernilai sekitar Rp 10 juta.

"Cuma sulit karena mereka sempat pakai tunai, bukan transfer. Karena itu kami sulit melacak," imbuhnya.

Yusuf mengatakan, transfer yang dilakukan orang-orang tersebut sangat terbatas. Namun, banyak transaksi tarik tunai yang dilakukan.

"Jadi dia punya rekening banyak. Kemudian banyak yang ambil cash. Diberikan pada siapa uang cash tersebut? itu yang susah diawasi," tandasnya. (flo/jpnn)


JAKARTA - Ketua PPATK Muhammad Yusuf mengatakan, dana asing yang dikirim seseorang ke Indonesia bukan hanya diberikan pada yayasan. Tapi juga dikirim


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News