Jumat, 22 September 2017 – 13:24 WIB

Terungkap! Sabu 1 Ton Itu Dimuat ke Kapal Wanderlust di Perairan Thailand

Selasa, 18 Juli 2017 – 03:30 WIB
Terungkap! Sabu 1 Ton Itu Dimuat ke Kapal Wanderlust di Perairan Thailand - JPNN.COM

jpnn.com, BATAM - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M iriawan menambahkan, jaringan narkoba yang dibekuk tersebut merupakan jaringan narkoba asal Taiwan. Para tersangka menggunakan kapal Wanderlust jenis kapal santai atau kapal wisata yang bergerak dari Taiwan pada tanggal 17 Juni lalu.

"Dari Taiwan belum ada narkoba. Narkoba baru dimuat di tengah laut dekat perairan Thailand," ujar Iriawan seperti dilansir Batam Pos (Jawa Pos Group) hari ini.

Dari lokasi muat narkoba, kapal tersebut bergerak ke Indonesia melalui perairan Selat Sunda yang cukup sepi untuk menghindari petugas.

"Mereka kemudian merapat ke perairan Pulau Sangiang (salah satu pulau kecil di Selat Sunda). Di situ mereka mulai melansirkan narkoba yang dibawa menggunakan perahu karet ke Anyer," terang Iriawan.

Usai melansir narkoba, kapal tersebut lantas bergerak pulang melalui jalur pelayaran yang ramai ke perairan Kepri untuk kembali ke negara mereka.

"Setelah tangkap yang di Anyer, kami bergerak cepat koordinasi dengan Lamtamal, BC dan juga polisi Taiwan. Dari koordinasi itu kami dapat gambar jenis dan spek kapal yang menyelundupkan narkoba ini," kata Iriawan.

Untuk melacak keberadaan kapal Wanderlust, kata Iriawan tidaklah mudah, sebab saat dikejar ke target yang semula diprediksi kapal tersebut berada yakni di perairan Bangka Belitung, ternyata kapal tersebut tak ada. "Di situ mereka sudah matikan sistem GPSnya," kata Iriawan lagi.

Mengetahui hal itu, pihak kepolisian gabungan Polda Metro Jaya dan Polres Depok kembali berkoordinasi dengan Lantamal IV Tanjungpinang dan pihak BC di Batam untuk mendeteksi keberadaan kapal tersebut.

SHARES
loading...
loading...
Masukkan komentarmu disini