Terus Tumbuh di Saat Pandemi, Bank BJB Siapkan Strategi Ekspansi

Terus Tumbuh di Saat Pandemi, Bank BJB Siapkan Strategi Ekspansi
Ilustrasi. Foto: Bank BJB

jpnn.com, BANDUNG - Bank bjb berhasil mencatatkan kinerja positif meski sedang terjadi kelesuan aktivitas ekonomi di masa pandemi COVID-19.

Salah satu indikator pertumbuhan perusahaan itu tercermin dari naiknya angka kredit. Berdasarkan catatan perseroan, bank berkode emiten BJBR ini sanggup menorehkan pertumbuhan penyaluran kredit sebesar 9,7% hingga April 2020.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto menuturkan pertumbuhan ini bisa diperoleh berkat terjaganya aliran kredit konsumer yang mendominasi postur kredit perseroan. Kredit konsumer yang menjadi captive market bank bjb menguasai sebesar 70% porsi kredit yang disalurkan perusahaan.

"Pertumbuhan ini didorong oleh terjaganya kualitas penyaluran kredit konsumer. Fakta bahwa profil captive market kredit konsumer yang didominasi para aparatur sipil negara (ASN) membuat bank bjb semakin di atas angin. Seperti diketahui, kredit berbasis penghasilan tetap merupakan salah satu kelompok yang paling kuat dan tahan terhadap ancaman krisis ekonomi selama COVID-19," kata Widi.

Walau tumbuh, bank bjb tidak terlepas dari pengaruh terpaan COVID-19. Pengaruh ini menampak pada terhambatnya arus pembayaran kredit.

Rasio kredit macet atau non-performing loan (NPL) yang dicatat bank bjb sampai dengan Maret 2020 sebesar 1,65%.

Kendati meningkat tipis, bank bjb diprediksi bisa tetap menjaga kualitas penyaluran kredit di atas rata-rata. Berdasarkan catatan historis, catatan NPL bank bjb selalu berada di bawah rata-rata perbankan nasional.

Sejak 2017, bank bjb juga selalu mencatatkan rasio kredit macet di bawah 1,6%.

Pengamat ekonomi juga memprediksi kinerja baik yang telah dicapai Bank BJB akan terjaga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News