Tes Baca Alquran, Banyak Calon Mahasiswa Menyerah

Tes Baca Alquran, Banyak Calon Mahasiswa Menyerah
Tes Baca Alquran, Banyak Calon Mahasiswa Menyerah
LHOKSEUMAWE- Panitia Seleksi calon mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Malikussaleh, Lhokseumawe menemukan fakta yang mengejutkan. Betapa tidak, banyak calon mahasiswa yang mendaftar di perguruan tinggi Islam itu ternyata tak bisa membaca Alquran. Bahkan, banyak yang memilih menyerah dan mengaku tak mengenal huruf Hijaiyah sama sekali.

 

“Banyak calon mahasiswa yang sama sekali tidak mampu membaca Alquran. Dan Ada juga calon mahasiswa ketika disuruh membaca, terus terang mengatakan bahwa ia tidak mampu. Bahkan tidak mengenal huruf Hijaiyah sama sekali, ini tentu menyedihkan karena mereka sudah lulus SMA/sederajat,”  kata Darmadi Sulaiman, Pembantu Ketua IV Bidang Hubungan Luar dan Kerjasama STAIN Malikussaleh Lhokseumawe, kepada Rakyat Aceh, Rabu (14/7)

Selain itu, tambah Darmadi, dalam tes kemampuan membaca Alquran yang dilaksanakan oleh STAIN Malikussaleh Lhokseumawe bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahanan dan pengamalan keagamaan bagi calon mahasiswa. Selain itu, juga dimaksudkan untuk mencari calon mahasiswa yang mampu menjadi qori dan qoriah dalam berbagai jenjang MTQ.

“Dari beberapa orang penguji membaca Alquran, ada juga calon mahasiswa yang pernah menjadi qori dan qoriah MTQ tingkat kecamatan sampai kabupaten “ tegasnya.(msi/fuz/jpnn)

LHOKSEUMAWE- Panitia Seleksi calon mahasiswa di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Malikussaleh, Lhokseumawe menemukan fakta yang mengejutkan.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News