Tes Kualitas bagi Timnas

Tes Kualitas bagi Timnas
BERAT - Melawan Thailand, ibarat menghadapi lawan sesungguhnya bagi Firman Utina dan kawan-kawan. Foto: Charlie Lopulua/Indopos.
JAKARTA - Timnas Indonesia mendapat ujian berat. Di laga pemungkas babak penyisihan Grup A Piala AFF malam nanti, timnas Merah Putih akan ditantang juara Piala AFF tiga kali, Thailand. Duel klasik ini adalah ujian sesungguhnya bagi kualitas timnas Indonesia yang di dua laga sebelumnya berhasil pesta gol ke gawang Malaysia dan Laos.

Indonesia dan Thailand memiliki sejarah panjang persaingan di lapangan hijau. Dan sampai saat ini, Thailand terbukti lebih berjaya. Di ajang Piala AFF saja, Indonesia dan Thailand pernah bentrok tujuh kali. Hasilnya, Thailand mendominasi dengan memetik kemenangan enam kali dan Indonesia hanya menang sekali. Itupun lewat adu penalti dan sudah terjadi pada 1998 silam.

Nah, malam nanti, Indonesia memiliki kesempatan besar untuk menghentikan dominasi Thailand. Skuad Garuda akan tampil tanpa beban, karena sudah memastikan diri lolos ke babak semifinal dan menjadi juara grup. Sedangkan Thailand dalam posisi tertekan. Jika kalah, Therdsak Chaiman dkk dipastikan bakal tersingkir. Hasil seri juga tidak akan menyelamatkan Thailand, jika di laga Grup A lainnya yang digelar di Stadion Jakabaring, Palembang, Malaysia dan Laos salah satunya memetik kemenangan.

Menyongsong duel melawan Thailand ini, timnas sendiri tampak rileks tapi percaya diri. Untuk menghindarkan pemain pilar cedera, pelatih Alfred Riedl sudah berencana melakukan rotasi dalam skuadnya. "Itu tidak berarti kami menganggap enteng Thailand. Mereka tim yang sangat bagus, dan harus berhati-hati menghadapinya," kata Wolfgang Pikal, asisten pelatih timnas Indonesia, dalam sesi press conference kemarin siang, di Hotel Sultan, Jakarta.

JAKARTA - Timnas Indonesia mendapat ujian berat. Di laga pemungkas babak penyisihan Grup A Piala AFF malam nanti, timnas Merah Putih akan ditantang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News