Teten Masduki Membeber Upaya Pemerintah Memulihkan UMKM Terdampak Pandemi

Teten Masduki Membeber Upaya Pemerintah Memulihkan UMKM Terdampak Pandemi
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan pemerintah dorong UMKM masuk pasar internasional. Foto: Humas Kemenkop dan UKM

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Teten Masduki menyebut pemulihan ekonomi nasional dipengaruhi oleh upaya penanganan Covid-19.

"Data dunia menunjukkan antara vaksinasi dengan pertumbuhan ekonomi itu sejajar," kata Teten dalam program Bicara Kekinian Mencari Solusi (Bikin Risol) yang ditayangkan melalui akun JPNN.com di Youtube, Rabu (1/9).

Dia menjelaskan pemerintah berupaya mempercepat memulihkan UMK melalui beberapa kebijakan, yaitu mengafirmasi dan memfasilitasi pembiayaan, pendampingan penguatan kelembagaan melalui koperasi, akses pemasaran, dan digitalisasi pasar.

"Saya juga kerja sama dengan Shopee, Bukalapak, dan semua e-commerce untuk mendorong transformasi digital," ucap alumnus Universitas Pendidikan Indonesia itu.

Teten Masduki juga mengatakan bantuan presiden (banpres) produksi usaha mikro 2021 untuk 12,8 juta UMKM sudah tersalur sebesar 92,35 persen.

"Sudah tersalur sebanyak Rp 14,21 triliun. Kebijakan ini saya kira bukan hanya untuk memperkuat modal usaha, tetapi bersamaan bisa juga untuk memperkuat daya beli," tutur pria berusia 58 tahun itu.

Kemudian, upaya lain yang disebutkan Teten ialah subsidi bunga kredit usaha rakyat (KUR) sebesar 3 persen hingga akhir tahun 2021.

"Kami sudah mensubsidi KUR sehingga UMKM bisa mengambil KUR 3 persen sampai akhir tahun," lanjut mantan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) itu.

Menkop UKM Teten Masduki membeberkan sejumlah upaya pemerintah memulihkan sektor UMKM terdampak pandemi Covid-19..

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News