Teten Masduki Ajak Daerah di Jabar Mencontoh Banyuwangi

Teten Masduki Ajak Daerah di Jabar Mencontoh Banyuwangi
Teten Masduki. Foto: Agus Wahyudi/dok.JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki menyarankan agar Jawa Barat mencontoh Banyuwangi yang memajukan ekonominya melalui eksplorasi sektor pariwisata.

Menurutnya, Banyuwangi tadinya merupakan daerah yang paling miskin. Hanya saja lewat sentuhan sang bupati yang saat itu dijabat Abdullah Azwar Anas, kini perekonomian Banyuwangi menjadi berkembang.

"Dia mengeksplorasi tempat wisata Gunung Ijen. Di sana itu, terdapat kawah biru yang hanya ada dua di dunia yakni Banyuwangi dan Kanada. Turis pun berdatangan dan membuat Banyuwangi berkembang," kata Teten saat berbincang dengan seniman di Bandung, Minggu (10/10).

Dia yakin Jawa Barat memiliki kekayaan yang bisa dieksplorasi.

"Ayo kita buktikan dan bergotong-royong membuat strategi kebudayaan untuk meningkatkan ekonomi," ajaknya.

Menurut Teten, daerah-daerah di Jabar harus mencontoh apa yang dilakukan Kabupaten Banyuwangi yang saat ini banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun internasional.

Selain itu, proses pembangunan di daerah tersebut juga memihak kepada rakyat kecil, salah satunya melarang pembangunan hotel yang berasal dari investasi asing.

Seorang seniman Tisna Sanjaya mengakui Jabar tidak memiliki strategi budaya untuk memajukan kesejahteraan budayawan dan seniman serta memajukan ekonominya dengan mengeksplorasi SDA.

Menkop dan UMK Teten Masduki mengajak daerah-daerah di Jabar meniru Banyuwangi yang berhasil meningkatkan perekonomian masyarakatnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News