Teten Minta Polemik Cantrang Jangan Jadi Isu Politik

Teten Minta Polemik Cantrang Jangan Jadi Isu Politik
Teten Masduki. Foto: Agus Wahyudi/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Teten Masduki tidak ingin polemik kebijakan penggantian alat tangkap ikan berupa cantrang ke alat baru yang ramah lingkungan menjadi isu politik.

"Pastilah kalau isu nelayan itu isu politik. Nah, ini yang kami coba jangan sampai ini menjadi isu politik," ucap Teten di kompleks Istana Kenegaraan Jakarta, Jumat (8/9).

Kuncinya, kata Teten, kalau proses pergantian cantrang ke alat tangkap baru yang ramah lingkungan berjalan mulus, maka kebijakan ini tidak bisa dipolitisasi. Apalagi tujuannya baik yakni demi keberlangsungan ekosistem.

"Toh bagi nelayan juga ini akan baik. Karena ekosistem lautnya juga baik," tukas mantan aktivis antikorupsi itu.

Mengenai progres pergantian cantrang ke alat tangkap baru, Teten belum menerima informasi perkembangan terbarunya.

Namun demikian, proses tersebut terus berjalan di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dibantu oleh Kementerian Perhubungan.

Dia berharap persoalan ini dapat segera diselesaikan oleh kementerian yang dipimpin Susi Pudjiastuti itu. Terutama membantu nelayan mendapatkan akses pinjaman untuk membiayai pergantian alat tangkapnya.

"Kita lihatlah nanti sejauh mana KKP. Saya kira ini perlu bantuan perbankan. Kalau mereka punya utang harus direkstrukturisasi utangnya supaya bisa dapat pinjaman. Itu saja yang diperlukan menurut saya. Sehingga tak ada isu politik," tandasnya. (fat/jpnn)

Teten Masduki mengatakan, pergantian cantrang ke alat tangkap baru tujuannya baik yakni demi keberlangsungan ekosistem.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News