Thailand Dibidik Jadi Pasar Ekspor Produk Halal Indonesia

Thailand Dibidik Jadi Pasar Ekspor Produk Halal Indonesia
Indonesia membidik Thailand menjadi pasar ekspor produk halal karena dinilai cukup berpotensi. Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia membidik Thailand menjadi pasar ekspor produk halal karena dinilai cukup berpotensi.

Atase Perdagangan KBRI di Bangkok, Kerajaan Thailand, Flora Susan Nongsina mengatakan beberapa agenda promosi produk halal Indonesia terus digencarkan dengan cara mengikuti pameran skala internasional guna membawa produk Indonesia lebih berdaya bersaing di pasar global

Salah satunya melalui perhelatan THAIFEX - Anuga Asia 2022 yang berlangsung di Bangkok pada 24 Mei-28 Mei lalu. Makanan halal sendiri menjadi salah satu dari 11 topik populer dalam gelaran itu.

Pameran industri makanan dan minuman itu diselenggarakan setiap tahun di Thailand, dengan perkiraan pengunjung mencapai lebih dari 40.000 ribu dan lebih dari 2.000 pembeli Thailand dan internasional.

Selama pandemi COVID-19, KBRI Bangkok memfasilitasi kegiatan promosi daring di platform pameran sehingga bisa menjangkau promosi produk Indonesia lebih luas, tidak hanya untuk Thailand.

"Perusahaan dari Indonesia yang mengikuti pameran tergabung dalam Pavilion Indonesia maupun yang mengikuti secara mandiri. Mereka memiliki sertifikasi halal untuk produknya masing-masing," kata Flora.

Khusus untuk Thailand, Indonesia menjadi negara penyuplai urutan ketiga kategori produk berorientasi konsumen (consumer-oriented products) setelah Tiongkok dan Selandia Baru.

Flora menyebut saat ini Thailand mendukung serta mencanangkan diri menjadi salah satu negara produsen produk halal terbesar di dunia.

Indonesia membidik Thailand menjadi pasar ekspor produk halal karena dinilai cukup berpotensi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News