Thailand Kembalikan Orangutan Selundupan ke Indonesia

Thailand Kembalikan Orangutan Selundupan ke Indonesia
DILINDUNGI. Salah satu individu Orangutan yang berhasil dievakuasi dari pedagang satwa liar online, TAR, di Mako SPORC, Pontianak. FOTO: MAULIDI MURNI/RAKYAT KALBAR/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Dua ekor orangutan Sumatra yang terancam punah dipulangkan ke Indonesia, Kamis, setelah diselundupkan ke Thailand.

Setibanya di Indonesia, dua mamalia itu akan menjalani rehabilitasi sebelum dilepasliarkan ke habitat aslinya.

Ung Aing dan Natalee, dua orangutan Sumatra berusia empat tahun, dibawa dari pusat penyelamatan hewan liar di Provinsi Ratchaburi ke bandara di Bangkok.

Dari bandara, dua hewan endemik Indonesia itu dibawa pulang menuju pusat rehabilitasi di Provinsi Jambi, Sumatra.

Sebelum naik pesawat, Ung Aing dan Natalee diberi makan pisang dan apel hijau. Keduanya juga telah menjalani tes COVID-19, kata direktur badan pelindungan satwa liar Thailand, Suraphong Chaweepak.

"Ini adalah pengembalian orangutan kelima (dari Thailand) ke Indonesia sejak 2006," kata Prakit Vongsrivattanakul, seorang pejabat Departemen Taman Nasional, Satwa Liar, dan Konservasi Tanaman Thailand, saat ditemui di bandara.

Thailand telah mengembalikan total 71 orangutan ke Indonesia.

Dua orangutan itu diamankan petugas di perbatasan Malaysia dan Thailand pada 2017 saat kepolisian menangkap para penyelundup.

Dua ekor orangutan Sumatera yang terancam punah dipulangkan ke Indonesia, Kamis, setelah diselundupkan ke Thailand

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News