Theo Sambuaga, Cagub Sulut Terkaya

Theo Sambuaga, Cagub Sulut Terkaya
Theo Sambuaga, Cagub Sulut Terkaya
JAKARTA- Wakil Ketua Umum DPP Golkar Theo Sambuaga ternyata calon gubernur (cagub) Sulawesi Utara (Sulut) terkaya, dengan koleksi harta mencapai Rp27,4 miliar dan USD774.998. Disusul cagub berikutnya Bupati Talaud Elly Lasut Rp11,54 miliar.

Daftar kekayaan Elly merupakan pelaporan pertama yakni 2006, sedangkan data terbaru belum ada hasil LHKPN-nya (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara). Padahal sesuai ketentuan MenPAN maupun KPK, setiap pejabat harus melaporkan LHPN-nya sebelum menjabat dan sesudah menjabat. Elly pada 2009, barusan terpilih menjadi bupati Talaud untuk periode yang kedua. Sehingga harusnya, ada laporan terbaru lagi ketika dia mengakhiri masa jabatannya sebagai bupati dan menjabat kembali.

Mantan petinggi Mabes Polri Wenny Warouw pun tak kalah banyak duitnya. Hanya dalam dua tahun, Wenny bisa mengumpulkan harta Rp 9,91 miliar dan USD 40 ribu dari harta sebelumnya Rp 3,5 miliar dan USD 40 ribu. Kekayaan mencolok terlihat pada penambahan harta tidak bergerak, di mana yang tadinya hanya Rp 600 juta pada 2003, tiba-tiba melonjak menjadi Rp 5 miliar pada 2005. Demikian juga dengan giro dan setara kas lainnya, dalam dua tahun Wenny bisa mengumpulkan harta menjadi Rp 2,05 miliar dari sebelumnya Rp 525 ribu.

Sedangkan Lucky Korah dalam lima tahun pertambahan hartanya hanya Rp 3,4 miliar dari Rp 1,73 miliar. Ramoy Luntungan hartanya tak kalah banyak sekitar Rp 8,81 miliar. Akan dilihat berapa koleksi harta terbarunya ketika akan mencalonkan sebagai cagub, karena ada keharusan tiap-tiap calon harus mendaftarkan hartanya.

JAKARTA- Wakil Ketua Umum DPP Golkar Theo Sambuaga ternyata calon gubernur (cagub) Sulawesi Utara (Sulut) terkaya, dengan koleksi harta mencapai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News