THR Punya Multiplier Effect, Pengamat Minta Jangan Dicicil

THR Punya Multiplier Effect, Pengamat Minta Jangan Dicicil
Pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) bagi karyawan diprediksi bisa menciptakan dampak lanjutan (multiplier effect) kepada perekonomian. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) bagi karyawan diprediksi bisa menciptakan dampak lanjutan (multiplier effect) kepada perekonomian.

Pengamat Ketenagakerjaan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Tadjuddin Noer Effendi menilai pembayaran THR itu dapat menjadi stimulus untuk menggerakkan roda perekonomian di kalangan menengah ke bawah, khususnya para pedagang kecil.

"Ini bisa meningkatkan daya beli masyarakat jelang lebaran. Kalau kita dalam keadaan krisis ekonomi, perbanyaklah uang berputar di level bawah. Dengan demikian akan terjadi perputaran uang," ujar dia dalam keterangan resmi, Rabu (7/4).

Menurut Tadjuddin, pembayaran THR kepada sekitar 15-16 juta angkatan kerja di pekerja industri dapat memperkuat daya beli masyarakat dan meningkatkan kinerja konsumsi rumah tangga dalam jangka pendek.

Dikhawatirkan, lanjut dia, jika THR tidak dibayar penuh kepada karyawan, maka akan menimbulkan gelombang protes dari kalangan buruh. Kondisi itu dapat berpengaruh terhadap daya beli masyarakat rendah dan menurunnya produksi.

"Kalau menjelang lebaran buruh tidak terima THR, mereka protes kemudian demo, produksi perusahaan juga menurun. Perusahaan sudah dibantu pemerintah, sekarang bantu karyawannya," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengharapkan komitmen dari pengusaha untuk membayar THR kepada pegawai secara penuh.

"Tahun lalu THR dicicil, saya minta tahun ini dibayar secara penuh. Kita harus komitmen," kata Airlangga usai bertemu perwakilan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia) di Jakarta, Kamis (1/4).

Pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) bagi karyawan diprediksi bisa menciptakan dampak lanjutan (multiplier effect) kepada perekonomian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News