Tiap Hari, Ribuan TKI Mudik via Batam

Tiap Hari, Ribuan TKI Mudik via Batam
MUDIK - Bandara Hang Nadim, Batam, yang di masa libur Lebaran seperti saat ini bisa dipadati oleh ribuan orang setiap harinya, terutama para TKI yang mudik. Foto: Indra/ir.sg.or.id.
BATAM - Tradisi mudik memang sudah mendarah daging bagi warga Indonesia. Bahkan, 'kewajiban' pulang kampung saat Lebaran juga dijalankan para tenaga kerja Indonesia (TKI). Arus mudik TKI dari Malaysia dan Singapura yang melalui Bandara Hang Nadim, Batam, saja, tiap harinya mencapai ribuan orang. Mayoritas mereka mudik ke pulau Jawa via Surabaya. Rata-rata, para 'pahlawan devisa' ini mudik secara berkelompok.

Berdasarkan keterangan Kapolsek Bandara Hang Nadim, Iptu Edi Purnomo, pada hari Minggu (13/9) kemarin saja, terdapat sebanyak 3.538 TKI yang pulang kampung dengan sejumlah maskapai penerbangan dari Batam ke Surabaya. Membludaknya arus mudik lewat Hang Nadim ini sudah terjadi sejak H-10 Ramadan dan diperkirakan akan terjadi lonjakan mulai kemarin hingga hari H Lebaran nanti.

Total, jumlah TKI yang telah mudik via Bandara Hang Nadim hingga kemarin mencapai 75.339 orang. Dipastikan, angka ini terus bertambah karena umumnya tiket yang dijual telah habis di beberapa maskapai penerbangan, di-booking oleh para TKI. "Kebanyakan pemudik berasal dari negeri jiran Malaysia yang hendak pulang kampung ke Pulau Jawa," ujar Edi Purnomo.

Berdasarkan pantauan JPNN di Bandara Hang Nadim, para TKI ini mudik secara berkelompok. Kurang lebih 10 hingga 20 TKI dalam satu kelompok mudik. Lilis, TKI asal Madura, Jawa Timur, mengatakan, mereka pulang berkelompok karena takut kalau mudik seorang diri. "Banyak penipu maupun hipnotis kalau tiba di Surabaya, makanya kami mudik bersama,” ujar Lilis.

BATAM - Tradisi mudik memang sudah mendarah daging bagi warga Indonesia. Bahkan, 'kewajiban' pulang kampung saat Lebaran juga dijalankan para tenaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News