Tiap Tahun akan Dibangun 330 Ribu Rumah Swadaya

Djan Faridz: Jatah Masing-masing Provinsi 10 Ribu Unit

Tiap Tahun akan Dibangun 330 Ribu Rumah Swadaya
Tiap Tahun akan Dibangun 330 Ribu Rumah Swadaya
JAKARTA - Kembali pemerintah menyiapkan satu program perumahan yang berpihak pada masyarakat berpenghasilan rendah (pro MBR). Menurut Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz, pemerintah menargetkan pembangunan rumah swadaya sebanyak 330 ribu rumah setiap tahunnya. Nantinya rumah swadaya tersebut akan dibangun merata di 33 provinsi.

"Dari jumlah target pembangunan perumahan swadaya itu, kita harapkan setiap satu provinsi dapat dibangun sekitar 10 ribu unit. Ini agar pembangunannya merata dan disesuaikan dengan kebutuhan daerah," kata Djan Faridz dalam keterangan persnya, Kamis (17/11).

Dari hitung-hitungannya, bila satu provinsi (dengan 10 kabupaten) dibangun sekitar 10 ribu unit rumah sawadaya, maka masing-masing kabupaten mendapatkan 1.000 unit rumah MBR tiap tahunnya. Saat ini, pemerintah melalui Kemenpera telah membangun rumah swadaya sebanyak 25 ribu unit per tahunnya. Namun jumlah tersebut masih kurang sehingga perlu ditingkatkan agar pemenuhan kebutuhan rumah layak huni bagi MBR dapat terpenuhi dengan baik.

"Backlog perumahan kita secara nasional terus bertambah. Kemenpera siap bekerja sama dengan pemda yang memiliki program perumahan serupa sehingga jumlah rumah yang diperbaiki maupun terbangun nantinya akan lebih banyak lagi," terangnya.(esy/jpnn)

JAKARTA - Kembali pemerintah menyiapkan satu program perumahan yang berpihak pada masyarakat berpenghasilan rendah (pro MBR). Menurut Menteri Perumahan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News