Tiba-tiba Irjen Iqbal Patroli, Lalu Ada Anggota yang Tak Pakai Masker

Tiba-tiba Irjen Iqbal Patroli, Lalu Ada Anggota yang Tak Pakai Masker
Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Mohammad Iqbal mengadakan patroli dadakan di areal markasnya, Rabu (19/8). Dokumen pribadi

jpnn.com, NUSA TENGGARA BARAT - Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Mohammad Iqbal mengadakan patroli dadakan di areal markasnya Rabu (19/8).

Saat berpatroli, Iqbal menemukan sejumlah anggota yang tidak taat protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. Iqbal langsung menegur anggotanya dan memberi nasihat serta sanksi.

Tak hanya itu, Iqbal juga memakaikan langsung mereka masker.

Iqbal mengatakan patroli protokol kesehatan di lingkungan Polda NTB hingga tingkat jajaran polsek se-NTB masif dilakukan sejak pandemi Covid-19. Iqbal menyadari ada saja anggota yang masih lalai dengan arahan pemerintah terkait pencegahan penularan virus Corona, yang umumnya memakai masker yang benar dan menjaga jarak.

"Sejak awal pandemi, saya sudah wanti-wanti ke seluruh jajaran, saya peringatkan soal mendisiplinkan diri sendiri sebelum mendisiplinkan warga. Karena itu kami masif dalam melakukan patroli di internal, maupun di tengah masyarakat. Ada saja anggota yang lalai, mungkin sehabis makan, dia tidak langsung pakai masker, malah ngobrol-ngobrol tanpa pakai masker dan tidak menjaga jarak. Itu yang saya beberapa kali saya temukan saat saya sidak ke satker-satker," kata Iqbal kepada JPNN.com, Rabu (19/8).

Mantan Wakapolda Jawa Timur ini menjelaskan, dirinya selalu memantau langsung kedisiplinan anggotanya. Tak hanya memantau markas polisi di tingkat Polda, Iqbal juga memantau hingga ke tingkat sektoral. Iqbal bersyukur sejauh ini secara umum, anggota Polda NTB sudah sadar akan ancaman nyata penularan virus Covid-19.

Mantan Kadiv Humas ini menerangkan anggota-anggota yang kedapatan tak menggunakan masker atau tak menggunakannya dengan cara yang benar, dan abai menjaga jarak sesuai anjuran pemerintah mendapat sanksi teguran. Dia pun meminta pihak Provos mencatat nama-nama anggota yang tak disiplin.

"Sudah jelas perintah saya, awasi betul, tindak langsung anggota yang kedapatan kurang peka soal ini," terang Iqbal.

Irjen Mohammad Iqbal terus memantau kedisiplinan anggotanya terhadap protokol kesehatan Covid-19. Begini aksinya saat kedapatan anak buahnya tidak memakai masker.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News