Tidak Ada UN Ulang di SDN Gadel II

Tidak Ada UN Ulang di SDN Gadel II
Tidak Ada UN Ulang di SDN Gadel II
JAKARTA- Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh mengatakan pemerintah tidak akan menyelenggarakan Ujian Nasional Ulangan di SDN Gadel II Surabaya, Jawa Timur yang dilaporkan terjadi aksi contek massal. Menurutnya, keputusan itu diambil setelah melihat hasil pola jawaban yang  tidak menunjukkan adanya kesamaan identik antar satu siswa dengan yang lainnya.

"Tidak ada kesamaan identik. Oleh karena itu, tidak perlu dilakukan ujian ulang. Kalau polanya sama berarti benar terjadi contekan massal, solusinya ujian harus ulang. Setelah dilihat, kesimpulan tidak terjadi contek massal," terang Nuh saat memberikan keterangan pers di Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Jakarta, Rabu (15/6).

Sebelumnya, Mendiknas meminta kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur untuk melakukan pemindaian jawaban dari 60 siswa yang mengikuti UN di SD tersebut. Dari pola jawaban, kata Mendiknas, dapat diketahui terjadi pencontekan massal atau tidak. "Ada dua variabel penting yaitu pola jawaban dan hasil nilai," katanya.

Meski begitu, Nuh meminta persoalan ini dilihat jelas duduk perkaranya. Dari situ, imbuh dia, kemudian diambil suatu keputusan dan tindakan. "Yang salah diberikan sanksi, yang harus kita cegah jangan sampai jadi eskalasi sosial antara yang melaporkan dengan masyarakat yang tidak terima," katanya.

JAKARTA- Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh mengatakan pemerintah tidak akan menyelenggarakan Ujian Nasional Ulangan di SDN Gadel II Surabaya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News