UT Jadi Tuan Rumah NUDC 2024, 112 Tim Terbaik se-Indonesia Beradu Kemampuan

UT Jadi Tuan Rumah NUDC 2024, 112 Tim Terbaik se-Indonesia Beradu Kemampuan
Pembukaan NUDC 2024  sekaligus peluncuran maskot NuDC 2024, yakni GUTSY (Garuda Universitas Terbuka Shaping You) di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Tangerang Selatan, Senin (27/5). Foto Humas UT

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Terbuka (UT) ditunjuk menjadi tuan rumah National University Debating Championship (NUDC) 2024.

Tercatat 112 tim terbaik se-lndonesia akan berkompetisi di event tahunan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). 

"Ini merupakan tahun gemilang bagi UT karena ditunjuk sebagai penyelenggara kegiatan NUDC 2024 yang dilaksanakan secara luring pada 26 Mei 2024 — 1 Juni 2024 di UTCC," kata Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D. selaku Plt. dekan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) UT yang juga wakil rektor Bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama dan Bisnis dalam laporannya pada pembukaan NUDC 2024  di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Tangerang Selatan, Senin (27/5).

Dia membeberkan lomba debat bahasa inggris NUDC menjadi wahana aktualisasi unjuk prestasi para mahassiwa dari berbagai perguruan tinggi se-Imdonesia untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Hal itu sejalan dengan fungsi pendidikan nasional untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Di samping mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat jasmani, berilmu, cakap kreatif, mandiri, dan demokratis.

Tema NUDC 2024 ialah "Merdeka Berprestasi Talenta Debat Menginsipirasi'.

Menurut Rahmat, pelaksanaan lomba debat  tahun ini lebih berbeda, yang mana diluncurkan pula maskot NuDC 2024, yakni GUTSY, singkatan dari Garuda Universitas Terbuka Shaping You. 

Universitas Terbuka (UT)  menjadi tuan rumah NUDC 2024 dan diikuti 112 tim terbaik se-Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News