Tidak Hanya Musik, Pertamina Eco RunFest 2023 Diramaikan Produk Daur Ulang

Tidak Hanya Musik, Pertamina Eco RunFest 2023 Diramaikan Produk Daur Ulang
Pertamina Eco RunFest 2023 tak hanya diramaikan oleh musik saja, tetapi turut menghadirkan aktivasi dan karya yang dibuat menggunakan bahan daur ulang. Foto: dok Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Pertamina Eco RunFest 2023 tidak hanya diramaikan oleh musik saja, tetapi turut menghadirkan aktivasi dan beberapa karya yang dibuat menggunakan bahan daur ulang ramah lingkungan.

Salah satunya, ibukardus. Sesuai dengan namanya, Nur Maliyanti sang penggagas ibukardus, berhasil menyulap kardus menjadi bermacam-macam mainan anak yang keren.

"Nur hanya ingin membuatkan mainan untuk putra sulungnya. Ketika itu anaknya minta dibuatkan kostum robot dan Nur pun mewujudkan sebuah kostum Iron Man dari kardus bekas," ungkap Nur.

Dia mengaku memang banyak membuat bermacam-macam mainan, dengan hal itu membuat banyak orangtua lain tertarik dengan mainan kardus buatan Nur Maliyanti.

Nur sering membuat workshop untuk anak-anak maupun orangtua di berbagai kota. Beberapa orangtua bahkan berniat memesan langsung mainan buatan Nur Maliyanti ini.

"Tentunya ini akan menumbuhkembangkan motorik anak, tidak melulu dengan gadget. Selain itu, melekatkan interaksi anak dan orangtua," ujar Nur.

Selain ibukardus, ada Benih Bunbun yang memanfaatkan sampah kertas untuk dijadikan souvenir edukasi bagi masyarakat.

"Selain menjadi edukasi bagaimana cara memanfaatkan sampah kertas kita juga mengajak untuk membuat olahan sampah kertas tersebut menjadi media tanam," jelas Ziva pemilik Benih Bunbun yang berasal dari Bandung Barat.

Pertamina Eco RunFest 2023 tak hanya diramaikan oleh musik saja, tetapi turut menghadirkan aktivasi dan karya yang dibuat menggunakan bahan daur ulang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News