Tidak Membersihkan Make up Picu Kanker Kulit?

Tidak Membersihkan Make up Picu Kanker Kulit?
Membersihkan wajah dengan toner. Foto: Today Show

jpnn.com - Sebagian wanita tak bisa lepas dari penggunaan makeup. Masalahnya, meski gemar berdandan, tak sedikit yang ‘malas’ saat harus membersihkannya. Apa dampaknya bagi kulit? Konon, ada yang mengaitkan makeup dan kebiasaan tak membersihkannya dengan kanker kulit. 

Makeup picu kanker kulit?

Meski telah bertahun-tahun menjadi penyakit yang menakutkan banyak orang, sayangnya hingga saat ini penyebabnya masih belum benar-benar diketahui. Para ahli di seluruh dunia masih kesulitan menentukan penyebab utama kanker.

Itulah sebabnya, dapat dikatakan bahwa tidak menghapus makeup sebelum tidur tidak bisa dipastikan sebagai penyebab kanker kulit. Hal serupa dikatakan dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter. Menurutnya, jarang atau tidak membersihkan makeup sama sekali bukanlah penyebab langsung dari kanker kulit. 

“Kanker adalah penyakit yang bisa dipicu oleh banyak faktor. Maksudnya, tidak menghapus makeup sebelum tidur memang bisa memicu kanker, tapi tidak secara langsung,” jelasnya.

Menurut dr. Sepriani, hal yang lebih memengaruhi terjadinya kanker kulit adalah paparan sinar matahari berulang dan dalam jangka waktu lama.

“Kanker kulit disebabkan oleh kemunculan sel abnormal akibat terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Jadi, kalau jarang membersihkan makeup, itu bukanlah penyebab utamanya,” jelas dr. Sepriani saat diwawancarai.

Tidak membersihkan makeup sebelum tidur memang belum sepenuhnya terbukti bisa mencetuskan kanker kulit. Meski begitu, Anda tetap dianjurkan untuk tidak membiarkan kebiasaan tersebut dilakukan berkelanjutan. Sebab, makeup yang tidak dibersihkan setelah seharian digunakan mampu memicu terjadinya gangguan kulit yang merugikan.(NB/RH/klikdokter)

Tak hanya menyebabkan jerawatan, tidak membersihkan makeup juga dihubungkan dengan peningkatan risiko kanker kulit.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News