Tidur Miring ke Kiri, Benarkah Berbahaya untuk Kesehatan Jantung?

Tidur Miring ke Kiri, Benarkah Berbahaya untuk Kesehatan Jantung?
Tidur. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Posisi tidur dikabarkan dapat mempengaruhi kesehatan jantung. Menurut kabar tersebut, posisi tidur miring ke kiri tidaklah dianjurkan, karena dapat mengganggu kesehatan jantung. 

Lantas, bagaimana dengan posisi tidur miring ke kanan? 

Melansir dari healthline, ada sedikit penelitian yang menemukan beberapa bukti bahwa tidur miring ke kiri dapat meningkatkan tekanan pada jantung.

Para peneliti menyatakan, tidur miring ke kiri dapat menyebabkan perubahan nyata pada aktivitas listrik jantung, yang diukur dengan alat elektrokardiogram (EKG).

Penelitian tersebut dilanjutkan oleh studi terbaru pada tahun 2018. Studi ini juga menemukan hasil yang serupa, bahwa tidur miring ke kiri dapat menyebabkan jantung bergeser dan berputar.

Lantas, apakah itu berarti bahwa bahaya tidur miring adalah dapat menyebabkan masalah pada kesehatan jantung?

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, berbaring miring ke kiri memang dapat mengubah aktivitas listrik jantung. Namun, tidak ada bukti bahwa hal tersebut dapat membahayakan kesehatan jantung.

“Tidak benar jika tidur dengan posisi miring (ke kiri) dapat berbahaya untuk kesehatan jantung. Dengan kata lain, jantung tidak akan mengalami gangguan hanya karena tidur menyamping ke kiri,” ucap dr. Dyah Novita.

Posisi tidur dikabarkan dapat mempengaruhi kesehatan jantung, benarkah kabar tersebut?

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News