Tifatul Menteri, PKS Segera Suksesi

Tifatul Menteri, PKS Segera Suksesi
Tifatul Menteri, PKS Segera Suksesi
JAKARTA - Berselang dua hari setelah Tifatul Sembiring memenuhi panggilan Presiden terpilih Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas, Bogor Sabtu (17/10), Tifatul Sembiring, menyiapkan suksesi untuk partai kader tersebut. Selaku Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyebut dua nama untuk pengganti dirinya sebagai Presiden PKS.

 

"Saya sudah mengantongi dua nama masing-masing Sohibul Iman dan Martri Agung untuk diajukan sebagai calon Presiden PKS," kata Tifatul Sembiring menjawab pertanyaan wartawan soal siapa yang akan memimpin PKS ke depan, usai gladi bersih pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Gedung DPR, Senin (19/10). Sementara acara resmi pelantikan akan berlangsung Selasa, 20 Oktober 2009.

 

Dua nama tersebut, lanjutnya, hanya sebatas usulan. Martri Agung saat ini jadi Ketua Pembina Wilayah PKS se-Indonesia, sedang Dr Sohibul Iman adalah Ketua DPP PKS Bidang Ekuintek. Institusi yang berwenang di internal PKS untuk menentukan siapa yang akan menggantikan dirinya adalah Majelis Syura yang berjumlah 99 orang.

 

Dijelaskan Tifatul, terjadinya penggantian orang nomor satu di eksekutif PKS tersebut karena masuknya Tifatul Sembiring sebagai salah seorang kandidat menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid II periode 2009-2015. "Di PKS itu ada aturan tertulis yang melarang presidennya merangkap jabatan. "Secara otomatis, begitu saya dilantik menjadi menteri, maka secara otomatis saya tidak lagi mejadi Presiden PKS," ujarnya.

 

JAKARTA - Berselang dua hari setelah Tifatul Sembiring memenuhi panggilan Presiden terpilih Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Puri Cikeas, Bogor

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News