Tiga Camat Selfie Acungkan Dua Jari, Eh...jadi Masalah

Tiga Camat Selfie Acungkan Dua Jari, Eh...jadi Masalah
Pilkada. ILustrasi.dok.Jawa Pos

jpnn.com - KALIANDA - Tiga camat di Lampung Selatan (Lamsel) yang melakukan foto selfie diperiksa Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) setempat. Pemeriksaan dilakukan karena selfie diduga mengarah ke nomor urut salah satu paslon di Pilkada Lamsel.

Namun, dari tiga camat yang dipanggil untuk dilakukan pemeriksaan, hanya satu yang memenuhi panggilan, yakni Camat Kalianda Setiawansyah. Sedangkan dua camat lain, yaitu Camat Natar Dulkahar dan Camat Jatiagung Laila Soraya, belum memenuhi panggilan dengan alasan masih ada keperluan.

Ketua Panwaslu Lamsel Sahbudin menjelaskan, klarifikasi terhadap ketiga camat yang dipanggil terkait foto selfie itu  dilakukan di tiga tempat. Camat Natar dipanggil Panwascam Natar, Camat Jatiagung dipanggil Panwascam Jatiagung.

"Kalau Camat Kalianda langsung kami yang melakukan pemeriksaan, karena kan kalau dua camat itu kami panggil ke Kalianda saya rasa terlalu jauh. Makanya biar Panwascam yang melakukan pemeriksaan," ungkap dia, kemarin (22/9).

Setelah berkoordinasi dengan Panwascam di dua kecamatan tersebut, sambung Sahbudin, dua camat itu ternyata belum memenuhi panggilan, sehingga kemarin (22/9) hanya satu camat yang sudah dilakukan pemeriksaan.

"Kalau dua camat yang belum berhasil dimintai keterangan itu akan kami jadwal ulang kapan waktu yang pas untuk mereka hadir dimintai keterangan. Yang pasti waktunya tidak lama-lama, paling besok (hari ini, Red) ataupun Kamis (24/9) akan kami panggil lagi," ujarnya.

Dia menjelaskan, hasil pemeriksaan terhadap camat Kalianda, foto tersebut dilakukan pada saat undangan dari Mendagri di Batam pada 17-19 September 2015. Dimana, pengakuan Setiawansyah foto dengan dua jari itu dilakukan spontanitas tanpa ada maksud apa-apa.

"Hasil sementara ini, tidak ada pelanggaran dalam foto dua jari itu. Dia mengaku hanya spontan saja. Tapi, kami harus lebih jeli dalam melakukan penyelidikan ini. Nanti kami akan panggil saksi-saksi dan mencari bukti-bukti lain sebagai pendukung," katanya.

KALIANDA - Tiga camat di Lampung Selatan (Lamsel) yang melakukan foto selfie diperiksa Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) setempat. Pemeriksaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News