Tiga Gajah Iringi Pembukaan Pertikawan di Riau

Tiga Gajah Iringi Pembukaan Pertikawan di Riau
Aksi tiga gajah bernama Budi, Vera dan Doni saat Pertikawan. Foto: KLHK

jpnn.com, SIAK - Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Bambang Hendroyono, mewakili Menteri LHK membuka Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (Pertikawan) Regional Sumatera di Kabupaten Siak, Riau, Selasa (2/10).

Bumi Perkemahan (Buper) Tengku Buangasmara, di kecamatan Mempura, Kabupaten Siak menjadi pusat kegiatan yang berlangsung 2 - 6 Oktober 2018 ini.

Dalam sambutannya, Bambang menyatakan peran penting generasi muda sebagai bagian dari perubahan sekaligus solusi khususnya di bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

"Melibatkan generasi muda sebagai solusi lingkungan hidup dan kehutanan, membutuhkan pendekatan yang komprehensif, karena harus membentuk dan mengubah pola pikir, perilaku serta membekali mereka dengan keterampilan berkarya produktif dan inovatif berbasis lingkungan hidup dan kehutanan," ujar Bambang.

Selain itu, memasuki Revolusi Industri generasi keempat (4.0), gerakan pramuka dituntut melakukan terobosan. Bambang menekankan agar pramuka tidak lagi berpikir linier, dan terjebak dengan cara-cara rutinitas serta monoton.

Tiga Gajah Iringi Pembukaan Pertikawan di Riau

"Kita juga harus memandu pramuka dalam disiplin menggunakan teknologi, misalnya media sosial yang positif dan yang produktif. Gerakan Pramuka harus memakai cara-cara kreatif, cara-cara kekinian, cara-cara yang lebih dekat dengan generasi millenial, untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air, di dalam diri setiap anggota Gerakan Pramuka," pesannya.

Terdapat hal menarik dalam pembukaan kegiatan ini dengan ditampilkannya tiga individu gajah bernama Budi, Vera dan Doni. Ketiga gajah ini ditunggangi oleh masing-masing mahoutnya (pawang gajah). Mereka juga membawa tiga petugas untuk membaca Pancasila, UUD Dasar 1945 dan Dasa Dharma Pramuka.

Tiga gajah bernama Budi, Vera dan Doni itu ditunggangi oleh masing-masing mahoutnya (pawang gajah).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News