Tiga Hakim Agung Dilapor ke KY

Tiga Hakim Agung Dilapor ke KY
Tiga Hakim Agung Dilapor ke KY
MAKASSAR - PT Pelindo IV melalui kuasa hukumnya melaporkan tiga hakim agung ke Komisi Yudisial (KY). Tiga hakim agung, R Imam Harjadi, HM Zaharuddin Utama, dan H Abbas Said dilaporkan ke Komisi Yudisial karena pertimbangan putusan dalam perkara perdata Ince Baharuddin dengan PT Pelindo IV dan PT Pertamina tidak sesuai kaidah hukum dan terkesan tendensius.

"Laporan dimaksud telah diterima Komisi Yudisial 25 April lalu. Dengan laporan ini diharapkan dilakukan eksaminasi putusan dan hakim kasasi yang bersangkutan dikenakan sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku karena telah mencederai pilar hukum di Indonesia," terang Humas PT Pelindo IV, Sahat Siboro.

Adapun pertimbangan putusan yang dilaporkan di antaranya, hakim kasasi menyatakan pembuatan kasasi sudah lewat waktu, menyatakan menerima kasasi yang dimohonkan bukan oleh kuasa yang sah dari penggugat, menyatakan peraturan perundang-undangan yang diajukan sebagai referensi harus ada aslinya.

Padahal peraturan perundang-undangan menyatakan "Ius curia novit". Hakim Kasasi mengabulkan sertifikat yang terbit lebih dari lima tahun seharusnya tuntutan seperti ini, ditolak karena sudah daluwarsa. Kuasa Hukum PT Pelindo IV, Mursalin mengatakan, pihaknya menemukan banyak kecurangan yang dilakukan hakim agung.

MAKASSAR - PT Pelindo IV melalui kuasa hukumnya melaporkan tiga hakim agung ke Komisi Yudisial (KY). Tiga hakim agung, R Imam Harjadi, HM Zaharuddin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News