Tiga 'Incumbent' Maju Lagi

Seleksi Calon Pimpinan Komisi Yudisial

Tiga 'Incumbent' Maju Lagi
Tiga 'Incumbent' Maju Lagi
JAKARTA -- Seleksi calon pimpinan Komisi Yudisial (KY) mulai menggelinding. Panitia seleksi (pansel) KY mulai menggelar salah satu tahapan seleksi di Hotel Kartika Chandra kemarin (14/8). Yakni penulisan makalah yang diikuti 171 calon pimpinan KY.

Ketua pansel KY Harkristuti Harkrisnowo mengatakan, mestinya seleksi kemarin diikuti 190 orang yang lolos seleksi administrasi. Namun, 18 orang mangkir sedangkan satu orang mengundurkan diri secara resmi lantaran melamar di institusi lain. Para pelamar kemarin diberi waktu empat jam mulai pukul 09.00 hingga 13.00 untuk membuat makalah tentang tugas dan kewenangan KY.

Kata Harkristuti, banyak para peserta yang kaget karena ujian dilakukan dengan menulis makalah. Apalagi harus ditulis tangan. Sebab, umumnya mereka mengira ujian dilakukan dengan menjawab soal-soal. "Banyak yang bilang, katanya ujian. Kok, disuruh bikin makalah," katanya di sela-sela seleksi.

Menulis makalah, kata Harkristuti, dipilih karena pemikiran dan komitmen calon bisa langsung terpantau. Hal yang tak bisa dilakukan dengan soal pilihan ganda atau tanya jawab. Apalagi mereka harus langsung menuliskannya di tempat. Tidak dalam bentuk tugas yang dibawa pulang. "Nanti kalau dibawa pulang bisa copy paste mereka," katanya lantas terkekeh.

JAKARTA -- Seleksi calon pimpinan Komisi Yudisial (KY) mulai menggelinding. Panitia seleksi (pansel) KY mulai menggelar salah satu tahapan seleksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News