Tiga Instansi Gelar Operasi Hujan Buatan

Tiga Instansi Gelar Operasi Hujan Buatan
Tiga Instansi Gelar Operasi Hujan Buatan
JAKARTA - Untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerjasama dengan Kemenkokesra dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan operasi hujan buatan.

"Dampak asap telah mengganggu aktivitas penduduk. 80 persen kebakaran hutan dan lahan berasal di luar kawasan hutan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB,  Sutopo Purwo Nugroho melalui pesan elektronik yang diterima JPNN, Kamis (8/9).

Dikatakanya, meskipun jumlah hotspots tahun 2011 lebih rendah dibandingkan dengan tahun lalu tetapi dampaknya telah mengganggu aktivitas masyarakat. "Dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan tersebut, dilakukan dua  strategi yaitu di darat dan di udara," ujarnya.

Untuk di darat, kata Sutopo, diantaranya dilakukan melalui penyemprotan, pembuatan parit penghalang api, pengaturan muka air untuk membasahi gambut, sosialisasi dan pengendalian pembakaran. "Di udara dilakukan dengan hujan buatan. Kombinasi dua strategi ini dilakukan secara berkelanjutan," jelasnya.

JAKARTA - Untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerjasama dengan Kemenkokesra dan Badan Pengkajian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News