Tiga Jurus Sehat Finansial Selama Pandemi Covid-19

Tiga Jurus Sehat Finansial Selama Pandemi Covid-19
Pakar pengelola keuangan Safir Senduk menyatakan pentingnya menjaga kesehatan jasmani, rohani, dan finansial selama pandemi Covid-19. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pakar pengelola keuangan Safir Senduk menyatakan pentingnya menjaga kesehatan jasmani selama pandemi Covid-19. Namun, yang tidak kalah penting adalah menjaga kesehatan finansial.

Menurut Safir Senduk, kekayaan seseorang tidak dapat dilihat hanya dari besaran gaji, tingginya jabatan, ataupun banyaknya barang branded yang dimiliki.

Tetapi, kekayaan seseorang dapat dilihat dari seberapa orang itu memiliki investasi dan bagaimana cara orang tersebut mengatur cashflow-nya.

Oleh karena itu, Safir Senduk menyampaikan tips mengelola perencanaan keuangan agar kondisi finansial dapat lebih terorganisir dengan tepat dan bijak.

Adapun tips tersebut terbagi menjadi tiga, berikut:

1. Miliki Dana Darurat

Dana darurat adalah dana cadangan yang dialokasikan disaat kondisi darurat.

Beberapa kasus mungkin menyebabkan anda tidak memiliki pemasukkan atau terdapat kejadian mendesak yang tidak terduga. Idealnya, jumlah dana darurat ini dapat memenuhi kebutuhan untuk 2 hingga 3 bulan berikutnya.

Melihat sifat dari dana darurat yang diperlukan secara mendadak saat keadaan genting, maka disarankan disimpan di tempat yang tidak terlalu mudah untuk di ambil. Namun, tidak terlalu sulit untuk di ambil saat dibutuhkan.

Pakar pengelola keuangan Safir Senduk menyatakan pentingnya menjaga kesehatan jasmani, rohani, dan finansial selama pandemi Covid-19.

Sumber Warta Ekonomi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News