Tiga Mantan Gubernur Ini Dinilai Layak Jadi Menteri Jokowi

Tiga Mantan Gubernur Ini Dinilai Layak Jadi Menteri Jokowi
Presiden Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Founder Concern Stategic Think Thank yang juga peneliti LIPI Hermawan Sulistyo mengatakan bahwa gubernur, dan mantan gubernur berpeluang dan layak masuk dalam list menteri pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode kedua.

“Bukan hal baru presiden mengangkat menteri yang sebelumnya gubernur atau kepala daerah. Tapi pastinya presiden akan mempertimbangkan kecakapannya,” kata Hermawan dalam siaran tertulisnya, Minggu (1/9).

Dia mencontohkan pada masa orde baru, Presiden Soeharto pernah mengangkat sejumlah menteri yang sebelumnya menjabat sebagai gubernur. Pada era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengangkat Gubernur Jawa Tengah Mardiyanto dan Gubernur Sumatera Barat Gamawan Fauzi menjadi Menteri Dalam Negeri.

BACA JUGA: Bobby Berharap Jokowi Pertahankan 3 Nama Ini

Pria yang karib disapa Mas Kikiek ini menyebut ada beberapa tokoh yang layak diangkat menjadi menteri. Di antaranya mantan gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, Muhammad Zainul Majdi yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (Nusa Tenggara Barat) dan Soekarwo atau dikenal dengan sebutan Pak Dhe Karwo (Jawa Timur).

Merujuk nama yang disebutkan Mas Kikiek, rupanya rekam jejak Syahrul Yasin Limpo (SYL) memang sarat dengan prestasi dan penghargaan. Pada 2017 misalnya, SYL dinobatkan sebagai Kepala Daerah Terinovatif dalam kategori ekonomi dan investasi. Dia dinilai sukses mengantar Sulsel sebagai salah satu provinsi dengan angka pendapatan perkapita tinggi, yakni di diatas Rp 58,6juta.

BACA JUGA: Faizal Assegaf Sebut Arya Sinulingga Pantas jadi Menteri

Mas Kikiek juga mencatat, di bawah kepemimpinan SYL, birokrasi di lingkungan Sulawesi Selatan, dikenal ramah dengan kalangan pengusaha, tidak terkecuali mereka yang baru mengurus perizinan di sana. Di bawah kepemimpinan SYL, pertumbuhan ekomoni Sulsel malaju kencang di level 7,46 persen, tertinggi nasional. Pendapatan masyarakat perkapita, apabila dibandingkan dengan 10 tahun lalu, yang ada di kisaran Rp 9 Juta, tahun 2017 Sulawesi Selatan sudah dapat menggenjot peningkatan pendapatan menjadi 58 Juta per orang.

Peneliti LIPI Hermawan Sulistyo menyebut tiga mantan gubernur berpeluang dan layak masuk list menteri Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News