Bobby Berharap Jokowi Pertahankan 3 Nama Ini

Bobby Berharap Jokowi Pertahankan 3 Nama Ini
Presiden Jokowi bersama KH Ma'ruf Amin di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Kamis malam (27/6). Foto: Agus Suparto/Fotografer Istana Kepresidenan

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Bobby Adhityo Rizaldi berharap Presiden Jokowi mempertahankan tiga menteri penting yang bermitra dengan Komisi I DPR RI, di Kabinet Kerja Jilid II.

Ketiganya adalah Menteri Pertahanan Jenderal (Purn) TNI Ryamizard Ryacudu, Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi, dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan.

Menhan dan Menlu merupakan dua dari tiga kementrian bersama Kemendagri yang disebutkan secara eksplisit di UUD 1945 dan bertindak sebagai pengganti Presiden dan Wapres bila berhalangan tetap. Kementerian itu juga tidak bisa dibubarkan.

Sebagai mitra kerjanya di Konisi I, Bobby menilai sosok Menhan Ryamizard telah berhasil menata kebijakan bidang pertahanan, memperkuat postur pertahanan MEF, menginisiasi keterlibatan masyarakat luas dalam program bela negara, dan mampu mendinginkan suasana ketika ada upaya adu domba saat pemilu kemarin.

"Ryamizard juga secara personal tidak akan membebani Presiden dengan manuver-manuver 'genit' dalam konteks capres 2024," kata Bobby di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (15/8).

BACA JUGA: Sandiaga Uno Tegaskan Siap Bantu Prabowo

Sementara itu, kata anggota komisi bidang pertahanan dan luar negeri DPR ini, Menlu Retno juga banyak menorehkan prestasi selama mengurus urusan luar negeri. Antara lain meningkatkan keterlibatan Indonesia dalam berbagai diplomasi utama.

"Menjadi DK PBB, menginisiasi penyelesaian konflik Rohingya, dan menghindari upaya-upaya konfrontasi dengan baik seperti respon dalam konflik LCS (Laut China Selatan)," jelas Bobby.

Wasekjen DPP Partai Golkar Bobby Adhityo Rizaldi menilai ada tiga menteri yang dinilai layak dipertahankan di kabinet kerja jilid II.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News