Tiga Negara Ini Berminat Jadi Mitra Baru ASEAN

Tiga Negara Ini Berminat Jadi Mitra Baru ASEAN
Bendera negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) serta Timor Leste dipasang di salah satu tempat kegiatan rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN di The Golo Mori Convention Center di Golo Moli, Labuan Bajo, Senin (8/5/2023). Foto: ANTARA/Shofi Ayudiana

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri Sidharto Suryodipuro mengatakan bahwa ada tiga negara yang mengajukan diri untuk menjadi mitra Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan menandatangani traktat.

Dalam jumpa pers di Labuan Bajo, NTT, Senin, Sidharto menyebutkan bahwa tiga negara yang siap menandatangani Traktat Persahabatan dan Kerja Sama Negara-Negara ASEAN (Treaty of Amity and Cooperation in Southeast Asia/TAC) adalah Arab Saudi, Panama, dan Spanyol.

“Indonesia sebagai Ketua ASEAN sedang mengkoordinasikan kesiapan tiga negara tersebut untuk menandatangani traktat pada tahun ini,” kata Sidharto.

Sidharto menambahkan bahwa ada beberapa negara yang mengutarakan niatnya untuk mengaksesi traktat tersebut. Namun, para pejabat tinggi ASEAN saat ini baru membahas kesiapan Arab Saudi, Panama, dan Spanyol untuk menandatangani traktat itu dan diharapkan dapat menyelesaikan aksesi pada tahun ini.

TAC merupakan sebuah traktat yang bertujuan untuk menciptakan stabilitas politik dan keamanan di kawasan Asia Tenggara yang mengatur mekanisme penyelesaian konflik secara damai.

TAC ditandatangani pada 1976 oleh lima Kepala Negara pendiri ASEAN. TAC diamandemen pada 1987 untuk membuka aksesi negara-negara di luar kawasan.

ASEAN saat ini telah menjalin beberapa kerja sama eksternal, baik dengan negara mitra wicara maupun organisasi regional dan internasional lain.

Mitra wicara ASEAN adalah negara dan organisasi regional atau internasional yang menjadi mitra kerja sama ASEAN di berbagai bidang.

Mitra wicara ASEAN adalah negara dan organisasi regional atau internasional yang menjadi mitra kerja sama ASEAN di berbagai bidang

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News