Tiga Negara Pemilik Hutan Tropis Terbesar di Dunia Menjalin Kerja Sama Trilateral

Tiga Negara Pemilik Hutan Tropis Terbesar di Dunia Menjalin Kerja Sama Trilateral
Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Dr. Alue Dohong . Foto: KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia, Brasil, dan Kongo yang dikenal sebagai negara pemilik hutan tropis terbesar di dunia, telah menggelar pertemuan trilateral guna menjalin kerja sama strategis dan sinergis.

Kerja sama mencakup sejumlah hal, baik dalam pengelolaan hutan, dan pengalaman lainnya yang berhasil dijalankan tiga negara ini dalam upaya pengendalian perubahan iklim.

“Pertemuan telah digelar di Sekretariat Delegasi Republik Indonesia di arena COP 26 UNFCCC di Glasgow, Skotlandia, awal pekan ini. Banyak potensi kolaborasi yang bisa dilakukan Indonesia, Brasil, dan Kongo,” ujar Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Dr. Alue Dohong yang memimpin pertemuan trilateral ini dalam pernyataan tertulis dari arena COP 26 UNFCCC, Glasgow, Skotlandia, Jumat (12/11/2021).

Alue Dohong menjelaskan dalam pertemuan trilateral tersebut, Indonesia mengemukakan gagasan dan pandangan tentang pentingnya kerja sama dan mengidentifikasi area kerja sama yang dapat dilakukan oleh ketiga negara secara bersama-sama (trilateral) atau secara bilateral.

Menteri Lingkungan Brasil dan Republik Demokratik Kongo juga menyampaikan pandangan serta gagasan mengenai kerja sama ini.

Pada saat pertemuan, tiga negara mempunyai pandangan yang sama  tentang pentingnya kerja sama dalam kerangka memperkuat pengaruh tiga negara pemilik hutan tropis  terbesar  di duni ini dalam negosiasi iklim di COP26 UNFCCC.

Kemudian kita sepakati perlunya melakukan inisiatif kolaboratif melalui pembentukan kelompok-kelompok kerja (Working Groups) yang solid berdasarkan kesamaan kepentingan (mutual common interests) dan prinsip saling mengisi kebutuhan (filling the gap).

Dia berharap kerja sama ini makin memperkuat posisi 3 negara di arena negosiasi pengendalian iklim global seperti di COP 26 UNFCCC.

Indonesia, Brasil, dan Kongo yang dikenal sebagai negara pemilik hutan tropis terbesar di dunia, telah menggelar pertemuan trilateral guna menjalin kerja sama strategis dan sinergis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News