Tiga Nominator Pendamping Mega

Tiga Nominator Pendamping Mega
Tiga Nominator Pendamping Mega
JAKARTA - Direktur Eksekutif IndoBarometer, Moh Qodari menyebutkan, setidaknya ada tiga tokoh yang punya peluang kuat untuk diajak PDI Perjuangan sebagai pendamping Megawati Soekarnoputri. Ketiga tokoh itu adalah Jusuf Kalla (JK), Sri Sultan HB X, dan Prabowo Subianto.

"Kemungkinan besar, salah satu dari tiga nama itu yang akan digandeng Mega," ujar Moh Qodari pada diskusi bertema Peta Politik Pascapemilu Legislatif di Jakarta, Sabtu (11/4). Siapa yang akan dipilih Mega, tergantung apa yang dibutuhkan Mega untuk memuluskan jalannya ke kursi RI 1.

Kalau Mega membutuhkan mesin partai, kata Qodari, maka pilihannya hanya Sultan atau JK. Karena bagaimana pun, mesin dan jaringan Golkar lebih solid dibanding Gerindra. Sementara, kalau yang dibutuhkan Mega adalah persoalan logistik atau pendanaan, maka pilihannya adalah Prabowo. "Alasan logistik ini pula yang menempatkan Prabowo lebih berpeluang dibanding Wiranto untuk digandeng Mega," ulas Qodari.

Mengenai sosok yang bakal digandeng Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Qodari mengatakan ada kemungkinan berasal dari tokoh independen atau non partai. "Ini agar nantinya presiden tak banyak diintervensi wakil presiden. Memang tetap koalisi dengan partai-partai lain, tapi mereka hanya dapat jatah menteri," kata Qodari.

JAKARTA - Direktur Eksekutif IndoBarometer, Moh Qodari menyebutkan, setidaknya ada tiga tokoh yang punya peluang kuat untuk diajak PDI Perjuangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News