Tiga Posko Pemantau Gunung Slamet Tetap Siaga

Tiga Posko Pemantau Gunung Slamet Tetap Siaga
Tiga Posko Pemantau Gunung Slamet Tetap Siaga

jpnn.com - JAKARTA - Meskipun relatif tenang dalam sepekan terakhir, Gunung Slamet masih terus dipantau. Tiga Posko Pemantau Gunung Slamet yang dibentuk Pemkab Banyumas tetap diaktifkan. Hal ini terkait dengan status Gunung Slamet yang masih dalam kondisi siaga (level III).

Kepala Lakhar Badan Penanggulangan Bencana Daaerah (BPBD) Banyumas, Prasetyo Budi Wibowo mengatakan tiga posko pemantauan tersebut terletak di Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng, Limpakluwus Kecamatan Sumbang dan Desa Sunyalangu Kecamatan Karanglewas. “Posko tetap aktif memantau aktifitas Gunung Slamet,” ujarnya, Jumat (26/9).

Tim Pemantau Gunung Slamet yang bertugas di posko pemantauan terdiri dari PVMBG, BPBD Banyumas, TNI, dan dibantu oleh relawan yang berasal dari berbagai unsur, yakni Tagana, Orari, Rapi, PMI, dan lain sebagainya.

Prasetyo menambahkan dalam status siaga ini masyarakat diminta tetap mewaspadai kemungkinan erupsi. Sebab kondisi Gunung Slamet masih fluktuatif. Zona steril yang ditetapkan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) adalah 4 kilometer dari puncak. “Aktifitas dilakukan seperti biasanya. Masyarakat diimbau tetap tenang namun tetap waspada,” tegasnya. (rmo/jpnn)


JAKARTA - Meskipun relatif tenang dalam sepekan terakhir, Gunung Slamet masih terus dipantau. Tiga Posko Pemantau Gunung Slamet yang dibentuk Pemkab


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News