Tiga Tahun Berkuasa, Jokowi Blusukan di 164 Kabupaten/Kota

Tiga Tahun Berkuasa, Jokowi Blusukan di 164 Kabupaten/Kota
Presiden Joko Widodo dan Gubernur NTB M Zainul Majdi dalam vlog tentang Pantai Mandalika di Lombok. Foto: Youtube

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintahan Presiden Joko Widodo pada Jumat lalu (20/10) tepat menginjak usia ketiga. Bagi presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu, masa tiga tahun itu memberikan kesan tersendiri.

"Tiga tahun menjadi Presiden Republik Indonesia adalah tiga tahun blusukan ke seluruh penjuru negeri," ujar Jokowi melalui akunnya di Facebook, Sabtu (21/10).

Mantan wali kota Surakarta dan gubernur DKI itu memang gemar blusukan. Tentu saja Jokowi punya alasan tersendiri.

"Jika hanya duduk di kantor, kita tidak akan pernah tahu masalah di lapangan," tulisnya.

Bersamaan dengan status itu, Presiden Jokowi juga mengunggah video yang meringkas apa yang telah dilakukannya selama tiga tahun ini. Dalam video dengan tagar #kerja3ersama itu, Jokowi mengaku sudah mengunjungi 117 kabupaten dan 47 kota di seluruh Indonesia.

Meski terkadang harus menempuh perjalanan yang tidak mudah dan melelahkan untuk mencapai sejumlah lokasi tersebut, suami Iriana itu tetap melaju dengan penuh semangat menemui rakyat di daerah yang dia kunjungi. Pria asal Solo itu juga rajin blusukan untuk menyerahkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Untuk 2017 saja, Jokowi sudah membagikan 1.286.395 KIS kepada masyarakat di seluruh Indonesia. Selain itu, Jokowi juga membagikan 46.336 KIP dan 137.035 sertifikat tanah.

Jokowi juga blusukan ke daerah demi memantau infrastruktur yang menjadi perhatian serius Presiden Ketujuh RI itu. Setidaknya, Jokowi sudah melakukan 23 groundbreaking proyek infrastruktur di sejumlah daerah. Beberapa di antaranya ialah untuk pengembangan ataupun pembangunan tol laut, jalan tol, waduk, dan rumah rakyat.

Pemerintahan Presiden Joko Widodo baru saja menginjak usia ketiga. Bagi Jokowi, masa tiga tahun memimimpin pemerintahan memberikan kesen tersendiri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News