Tiket Kereta Api Ludes Terjual Jelang Lebaran

Tiket Kereta Api Ludes Terjual Jelang Lebaran
Tiket Kereta Api Ludes Terjual Jelang Lebaran

jpnn.com - CIREBON - Suasana Stasiun Prujakan Cirebon, Jawa Barat, Jumat (16/5) pukul 00.00 WIB tampak ramai. Masyarakat antri berburu tiket kereta api tambahan untuk Lebaran. Pantauan Radar, PT KAI Daops III terlihat membuka 3 loket pembelian tiket kereta api tambahan untuk arus mudik. Bahkan, loket khusus yang secara resmi dibuka pukul 00.00 WIB, tiga jam sebelumnya  sudah disesaki para pembeli.

Bahkan dari pihak stasiun menyediakan nomor antrian untuk bisa membeli tiket. Vice President PT KAI Daops III Cirebon, Sukairi didampingi jajarannya terlihat mengecek langsung pelaksanaan penjualan tiket khusus kereta tambahan selama arus mudik Lebaran.

Di sela-sela peninjauan langsung ke loket penjualan tiket di Stasiun Prujakan, Sukairi menjelaskan, terhitung mulai tanggal 15 Mei 2014 PT KAI secara resmi melakukan penjualan tiket kereta api untuk kereta api tambahan lebaran. Ada beberapa kereta tambahan yang disediakan KAI, mulai dari kereta api ekonomi dan kereta api bisnis dan eksekutif.

Untuk kereta api (KA) Lebaran tambahan kelas ekonomi, kata Sukairi, antara lain Kereta Api Matarmaja, KA Kertajaya, KA Tawang Jaya, KA Kutojaya Utara, KA Kutojaya Pagi, KA Jaka Tingkir, KA Mantab. Sedangkan untuk  Kereta Api  bisnis dan eksekutif di antaranya KA Gumarang, KA Sawunggalih, KA Gajayana, KA Argoja Lawu dan  KA Argojati. Penambahan kereta api tambahan ini karena PT KAI sudah memprediksi akan terjadi lonjakan yang sangat tajam  arus mudik tahun kemarin dengan tahun sekarang, bahkan KAI memperkirakan kenaikan dibandingkan tahun kemarin antara 8-10 persen.

Tidak hanya itu, PT KAI melalui departemen perhubungan juga menyediakan kereta khusus mengangkut kendaraan bermotor. Bagi untuk pemudik yang menggunakan motor pemudik bisa menggunakan kereta api dan gratis, hanya saja untuk penumpanya tetap bayar.

“Khusus untuk kereta api pengangkut kendaraan bermotor,  pembukaannya akan dilakukan tanggal 18 Mei 2014,” kata Sukairi seperti yang dilansir Radar Cirebon (Grup JPNN.com), Jumat (16/5).

Hanya saja, pihaknya menjelaskan, khusus kereta pengakut khusus pemudik yang membawa  kendaraan bermotor adalah 2 jenis kereta api, yakni kereta api Kutojaya Utara dan kereta api Mantab.

Disinggung mengenai tarif kereta api selama lebaran,  Sukairi menegaskan kereta api tidak menaikkan tarif selama arus mudik. Justru kereta api tetap berpedoman dengan tarif yang ada.

CIREBON - Suasana Stasiun Prujakan Cirebon, Jawa Barat, Jumat (16/5) pukul 00.00 WIB tampak ramai. Masyarakat antri berburu tiket kereta api tambahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News