Tiket Mudik KA Sudah Bisa Dibeli

Tiket Mudik KA Sudah Bisa Dibeli
Tiket Mudik KA Sudah Bisa Dibeli
KEJAKSAN - Konsumen Kereta Api (KA) bisa membeli tiket untuk mudik lebaran mulai Sabtu (12/5). Hari raya Idulfitri jatuh di bulan Agustus 2012. PT KAI menyebutkan tiket bisa dipesan H-90 sebelum keberangkatan. Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Sumarsono mengatakan, pemesanan tiket untuk musim mudik lebaran bisa dipesan secara online. Atau melalui agen tiket kereta api, minimarket Indomart, Kantor Pos dan melalui ATM bank yang sudah bekerja sama. "Tanggal 12 Mei ini, calon pemudik bisa melakukan pemesanan tiket untuk mudik lebaran," ujarnya kepada Radar Cirebon (JPNN Group), Sabtu (12/5).

Ia meminta calon penumpang KA untuk mudik lebaran, segera memesan tiket agar tidak kehabisan. Selama ini tradisi masyarakat cenderung membeli tiket saat hari keberangkatan di stasiun. "Kalau sudah memiliki jadwal kapan akan mudik, sebaiknya langsung membeli tiket KA agar tidak habis," tuturnya.

Sumarsono menyebutkan tiket KA jarak jauh tersebut, saat ini terintegrasi dengan KRL Jabodetabek. Sejak Januari 2012 lalu, setiap penumpang yang ingin mencapai stasiun keberangkatan dapat menaiki gratis KRL Jabodetabek. Misal, calon penumpang sudah membeli tiket Argo Parahyangan. Rumah di Bogor, sementara kereta berangkat dari stasiun Gambir. Dari stasiun Bogor ke Gambir, tidak usah beli tiket lagi. “Cukup tunjukkan tiket jarak jauh yang sudah dibeli," jelasnya.

PT KAI, lanjutnya, tetap akan menerapkan sistem boarding pass yang mengharuskan penumpang bertiket masuk ke dalam peron di stasiun keberangkatan, serta pemberlakuan pembatasan kapasitas angkut maksimal 100 persen untuk KA jarak jauh. PT KAI tidak akan menjual tiket tanpa tanda nomor tempat duduk atau tiket berdiri. Larangan merokok di atas semua kelas KA dan larangan pedagang asongan berjualan di atas KA tetap diterapkan. (aff)

KEJAKSAN - Konsumen Kereta Api (KA) bisa membeli tiket untuk mudik lebaran mulai Sabtu (12/5). Hari raya Idulfitri jatuh di bulan Agustus 2012. PT


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News