Tiket Pesawat Turun, Biaya Pondokan Haji Naik

Tiket Pesawat Turun, Biaya Pondokan Haji Naik
Tiket Pesawat Turun, Biaya Pondokan Haji Naik
JAKARTA - Pemerintah berupaya menekan ongkos naik haji (ONH), agar para calon jamaah haji yang mempunyai uang pas-pasan, tidak begitu terbebani. Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan, saat ini kementerian agama RI sedang membahas hal tersebut dengan Komisi VIII DPR RI.

”Komponen-komponen biaya haji tersebut sekarang masih dibahas, semoga dalam waktu dekat sudah ada keputusan dari Komisi VIII dan pemerintah,” ucapnya, usai menghadiri rapat kerja dengan Komisi X DPR RI, Senin (31/5).

Suryadharma berharap biaya atau ongkos haji pada tahun 2010 ini ada penurunan. ”Pontensi turun tersebut ada pada biaya tiket penerbangan. Diharapkan penurunan tersebut bisa mencapai USD 150 dari patokan harga yang ditetapkan Menteri perhubungan yang berkisar USD 1754,” tandasnya.

Kalau biaya tiket ada penurunan, lain halnya dengan biaya pemondokan jamaah haji. Menteri Agama RI menerangkan biaya pemondokan haji naik sekitar USD 133. Ada beberapa alasan kenaikan tersebut, pertama jarak pondokan yang semakin jauh akibat dibongkarnya gedung-gedung di dekat Masjidil Haram. Kedua berubahnya peraturan untuk ukuran kamar pondokan jamaah haji yang awalnya 3,5 meter perorang menjadi 4 meter. "Ketiga, meningkatnya pelayanan pemondokan di ring I dan ring II,” tutur menteri yang juga ketum PPP itu.

JAKARTA - Pemerintah berupaya menekan ongkos naik haji (ONH), agar para calon jamaah haji yang mempunyai uang pas-pasan, tidak begitu terbebani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News