TIM 8 Percaya MNC Group Netral dalam Menyiarkan Debat Capres

TIM 8 Percaya MNC Group Netral dalam Menyiarkan Debat Capres
Koordinator Nasional TIM 8-RJBBP, Wignyo Prasetyo. Foto: dok tim 8

jpnn.com, JAKARTA - Penyelenggaraan debat ketiga capres bakal digelar malam nanti. Debat ketiga akan ditayangkan oleh stasiun televisi MNC Group yang meliputi MNC TV, RCTI, iNews, Global TV.

Koordinator Nasional TIM 8-RJBBP, Wignyo Prasetyo percaya MNC Group tidak akan ‘loncat pagar’ dari aturan netralitas pers. 

“Kita sama-sama tahu MNC Group dimiliki Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo. Kemudian Perindo adalah partai politik pengusung pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. Namun, kami percaya MNC Group tidak akan mempertaruhkan profesionalismenya,” terang Wignyo dalam keterangannya, Minggu (7/1/2024).

Dia menambahkan kondisi saat ini memperlihatkan banyak persoalan yang sedang dialami insan pers.

Terlebih menghadapi pemilu 2024, pers pun dituntut terus independen karena intervensi mengancam keberadaannya.

“Namun, kami percaya MNC Group masih berpegang teguh pada UU Pers, UU Penyiaran, di KPI ada panduan penyiaran. Bisa menjadi panduan bagaimana pers dan penyiaran tidak menyimpang,” paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Umum TIM 8-Relawan Jokowi Bergerak Bersama Prabowo (RjBPP), Akhrom Saleh mengatakan peran pers sebagai salah satu komponen pilar demokrasi sehingga besar harapan rakyat kepada media massa bisa tetap berpegang kuat pada prinsip-prinsip jurnalisme.

“Kami meyakini MNC Group dapat profesional dalam membuat cover boothside, melakukan verifikasi, mencerna dan menyaring informasi hingga menghasilkan sebuah sumber berita yang dipercaya (kredibel). Berita-berita yang mencerdaskan, mendidik, dan mencerahkan,” paparnya.

KPU mengungkapkan ada 11 nama panelis yang akan merumuskan pertanyaan kepada tiga capres pada debat kali ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News