Tim KBRI Tokyo Bergerak Lagi ke Miyagi dan Fukushima

Meski Kebutuhan Terbatas, WNI di Sendai Dilaporkan Selamat

Tim KBRI Tokyo Bergerak Lagi ke Miyagi dan Fukushima
SELAMAT - Suasana penampungan WNI di SMP Sanjo, Sendai. Foto: KBRI Tokyo.
SENDAI - Langsung bergerak pasca kejadian gempa dan tsunami, Tim 'Relief and Evacuation' Kedutaan Besar RI (KBRI) di Tokyo dilaporkan telah sampai di Kota Sendai, sejak Sabtu (12/3) dinihari kemarin. Di penampungan yang ada di kota itu, tepatnya di SMP Sanjo, dilaporkan terdapat 89 orang WNI, yakni 68 dewasa dan 21 anak-anak, yang kesemuanya dalam keadaan selamat dan baik. Meski demikian, berbagai kebutuhan hidup mendasar dilaporkan masih terbatas, lantaran keadaan pasca bencana yang memang masih menyulitkan suplainya.

Seperti dipaparkan di situs KBRI Tokyo, pengungsian di Kota Sanjo sendiri merupakan satu dari enam tempat pengungsian di wilayah Sendai. WNI di tempat tersebut dilaporkan dalam kondisi baik. Menurut Tim KBRI, logistik yang mereka bawa masih cukup untuk 2 (dua) hari, sementara kondisi di tempat tersebut kekurangan air bersih. Disebutkan, penampungan itu saat ini tidak dialiri listrik, meski di beberapa lokasi di Kota Sendai aliran listrik mulai kembali normal.

Keterangan lain dari Third Secretary KBRI Tokyo, Jane Runkat, pada penampungan di SMP Sanjo itu sendiri, turut bergabung beberapa WNI dari lokasi pengungsian lainnya, seperti dari SD Kunimi dan Masjid Sendai. "Relief Team KBRI Tokyo dipimpin oleh Mayor Zaenal Arifin, PBU Atase Pertahanan KBRI Tokyo. Pada 12 Maret 2010 subuh kemarin, Relief Team menempuh perjalanan selama 14 jam Tokyo-Sendai, yang sebenarnya hanya berjarak 300. Jalan-jalan sangat padat dan masih banyak ruas tol yang tutup," ungkapnya.

Sementara itu, dari kabar lain yang disampaikan oleh KBRI Tokyo, disebutkan bahwa mereka saat ini pun telah mulai menjalankan evakuasi tahap kedua di wilayah Miyagi dan Fukushima. Disebutkan, evakuasi di kedua wilayah itu akan dilakukan secara simultan, dengan mengirimkan dua tim ke wilayah-wilayah tersebut. "Fokus dari tim evakuasi tahap kedua ini (sendiri) adalah untuk membawa bantuan logistik kepada WNI yang tertimpa bencana, dan sekaligus memindahkan mereka ke lokasi yang lebih layak," tulis pihak KBRI.

SENDAI - Langsung bergerak pasca kejadian gempa dan tsunami, Tim 'Relief and Evacuation' Kedutaan Besar RI (KBRI) di Tokyo dilaporkan telah sampai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News