Tim LDP Kemensos Siapkan Layanan di Lima Titik Crisis Center SJ182

Tim LDP Kemensos Siapkan Layanan di Lima Titik Crisis Center SJ182
Tim LDP Kemensos sedang memberikan dukungan psikososial kepada keluarga korban Sriwijaya SJ 182 di Posko RS Polri Kramat Jati. Foto: Humas Kemensos.

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Sosial memberikan kontribusi dalam penanganan kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak, di antara Pulau Lancang dan Pulau Laki, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Kemensos telah mengaktifkan tim Layanan Dukungan Psikososial (LDP) di Terminal 2D Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, sejak Minggu (10/1).

“Tim ini bertugas melakukan upaya pendekatan-pendekatan terhadap keluarga korban yang saat ini sedang mengalami syok, sedih dan kebingungan. Keluarga korban yang mengalami kondisi cemas dan mungkin saja trauma, perlu penanganan secara psikologis,” kata Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) Kemensos Sunarti, di Jakarta, Selasa (12/1).

Sunarti menambahkan tim yang juga berada di Posko RS Polri Kramat Jati, fokus pada pendampingan salah satu keluarga korban, Okky Bisma. Okky korban pertama yang sudah teridentifikasi oleh Tim DVI Polri.

“Saat ini Posko RS Polri, tim berfokus pada pendampingan keluarga almarhum Okky Bisma, korban pertama yang sudah teridentifikasi petugas,” ungkap Sunarti.

Menurutnya, tim LDP ini merupakan tim gabungan dari Tim Pelopor Perdamaian dan Tim Ahli LDP Direktorat PSKBS yang terdiri dari pakar-pakar psikologi. 

“Keluarga korban yang mengalami kondisi cemas dan trauma dilakukan penanganan khusus oleh Tim Ahli LDP Dir PSKBS Kemensos RI,” kata Sunarti.

Selain terapi awal penguatan psikologis sosial  kepada keluarga korban, Tim LDP juga melakukan sejumlah tugas lainnya. Yakni pendekatan terhadap keluarga korban  secara langsung  ke rumah, sekaligus penjangkauan atau membantu mencari alamat keluarga. 

Saat ini Posko RS Polri, tim berfokus pada pendampingan keluarga almarhum Okky Bisma, korban pertama yang sudah teridentifikasi petugas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News