JPNN.com

Tim Ragana Demokrat Siaga Satu

Senin, 16 November 2015 – 03:14 WIB Tim Ragana Demokrat Siaga Satu - JPNN.com

JAKARTA – Ketua Divisi Tanggap Darurat dan Penanggulangan Bencana DPP Partai Demokrat, Umar Arsal mengingatkan pemerintah pusat dan daerah khususnya wilayah yang menjadi langganan banjir harus siap siaga dalam mengatasi musim hujan yang mengakibatkan banjir dan tanah longsor.

Anggota Komisi V DPR itu mengatakan, ada beberapa yang harus dilakukan dalam mengatasi musim hujan diantaranya memperbaiki saluran air, normalisasi sungai, memperbaiki bendungan yang sudah tidak layak serta mengawasi tebing-tebing yang tidak memungkinkan. Selain itu peran aktif Menteri Pekerjaan Umum dan Basarnas dalam memantau musim hujan.

“Terpenting koordinasi dan gerak cepat yang harus dilakukan pemerintah baik pusat dan daerah, jangan sampai kecolongan. Karena cuaca tidak bisa diprediksi, bisa saja hujan terus mengukur meskipun BMKG memprediksi hujan masih lama," kata Umar Arsal, Minggu (15/11).

Dalam mengatasi musim hujan berdampak banjir, lanjut politisi asal Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara itu, tim Rajawali Siaga dan Penanggulan Bencana (Ragana) DPP Partai Demokrat telah diinstruksikan agar siaga 24 jam dan siap terjun ke wilayah-wilayah terjadi bencana.

Tim Ragana ini menurut Umar,  sudah terlatih menangani bencana dan tersebar di berbagai daerah.

“Ragana sudah menyiapkan dapur umum, perahu karet, dokter untuk membantu masyarakat. Relawan Ragana selalu siap, tanpa diperintahkan bilamana ada daerah yang mengalami musibah kita akan terjukan,” tegas Umar.(fat/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...