Tim Sukses Wajib Sportif

Prosentase Kelulusan Belum Bisa Ditentukan

Tim Sukses Wajib Sportif
Tim Sukses Wajib Sportif
JAKARTA - Detik-detik pelaksanaan Ujian Nasional (Unas) 2011 tingkat SMA dan sederajat semakin dekat. Diprediksi, sekolah sudah mulai membentuk dan menjalankan tim sukses. Tim yang beranggotakan guru tersebut, bertugas untuk mensukseskan unas. Pemerintah berharap, tim sukses bekerja sportif.

Koordinator Education Forum Suparman menjelaskan, posisi tim sukses tersebut seperti dua sisi mata uang. "Ada sisi negatif dan positifnya," tandas dia di Jakarta kemarin (11/4). Suparman mengatakan, tim sukses bentukan sekolah tersebut bisa berfungsi positif jika benar-benar menjalankan tugasnya dengan betul. Yaitu, memompa spirit belajar siswa untuk meningkatkan kemampuan mengerjakan soan unas.

Idelanya, sebelum hari H unas tingkat SMA Senin depan (18/4), tim ini fokus meningkatkan motivasi belajar siswa. Selanjutnya, selama unas berjalan, tim ini benar-benar keluar dari pelaksanaan unas. Sebaliknya, tim sukses tersebut juga berpotensi menimbulkan efek negatif. Dia menyatakan, enggan menyebut tim sukses tersebut rentan melakukan kecurangan. "Sebaiknya diistilahkan rentan menyiasati pengerjaan unas," kata dia.

Upaya penyiasatan tersebut diantaranya, tim sukses bentukan kepala sekolah tersebut ramai-ramai mengerjakan naskah unas. Setelah berhasil menemukan jawabannya, lantas disalurkan ke siswa. Suparman berharap, Kemendiknas menjatuhkan sanksi yang berat untuk tim sukses yang tertangkap basah membantu siswa mengerjakan soal unas.

JAKARTA - Detik-detik pelaksanaan Ujian Nasional (Unas) 2011 tingkat SMA dan sederajat semakin dekat. Diprediksi, sekolah sudah mulai membentuk dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News