Tim untuk Jambore Nasional 2016 Sudah Disiapkan

Tim untuk Jambore Nasional 2016 Sudah Disiapkan
Pramuka. Foto: dok.JPNN

SURABAYA - Jambore Nasional (Jamnas) akan digelar pada 14-21 Agustus. Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Timur pun bersiap. Sebanyak 1.724 orang dari 38 kwartir cabang (kwarcab) se-Jatim akan berangkat ke bumi perkemahan Cibubur.

"Tahun ini kami yang terbesar dan terbanyak mengirim peserta," kata Wakil Ketua Harian Kwarda Gerakan Pramuka Jatim AR Purmadi.

Tahun ini merupakan penyelenggaraan Jamnas ke-10. Menurut Purmadi, Jatim tidak pernah absen mengirimkan wakilnya. Bagi Pramuka dari kabupaten/kota, mengikuti Jamnas di bumi perkemahan Cibubur merupakan event yang sangat berharga.

Apalagi, tidak kurang dari 25 ribu peserta turut serta dalam kegiatan tersebut. Diharapkan, kegiatan perkemahan dalam Jamnas akan bisa mengasah kemandirian dan kerja sama tim.

"Karena ini jambore, jadi tidak dilombakan. Tetapi, mereka diasah di sana (Cibubur, Red)," tuturnya.

Banyak kegiatan dalam Jamnas kali ini. Mulai permainan air, kegiatan alam bebas, pioneering, hingga pertunjukan dan pameran seni budaya.

Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Muda Kwarda Jatim Hariadi menyebutkan, sentuhan spiritual, patriotisme, dan keterampilan atau skill akan ditekankan dalam kegiatan Jamnas tersebut. Dalam pameran seni budaya, rencananya, Jatim akan menampilkan tari gandrung dan kegiatan membatik dengan tema Gajah Oleng.

Dalam bahasa Jawa, gandrung berarti cinta mendalam. Nah, pesan yang hendak disampaikan, Pramuka diharapkan juga bisa gandrung sebagai manusia hebat. "Jatim all-out, destinasi budaya juga akan dipamerkan," ujarnya. (puj/c20/fal/flo/jpnn)

 


SURABAYA - Jambore Nasional (Jamnas) akan digelar pada 14-21 Agustus. Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Timur pun bersiap. Sebanyak 1.724 orang dari 38


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News