Timnas Iran Dilarang Pakai Sepatu Nike di Piala Dunia 2018

Timnas Iran Dilarang Pakai Sepatu Nike di Piala Dunia 2018
Timnas Iran saat latihan ringan. Foto: espn

jpnn.com, MOSCOW - Persiapan Timnas Iran di Piala Dunia 2018 terusik persoalan non-teknis. Gara-gara sanksi Amerika Serikat ke Republik Islam Iran, Nike tidak mau memasok kebutuhan sepatu Tim Melli, julukan skuat Iran.

Nike sebagai perusahaan AS, merasa harus mengikuti kebijakan negaranya memberikan sanksi kepada Iran, yang mengakhiri kesepakatan terkait teknologi nuklir 2015 lalu.

Keputusan pihak Nike ini hanya beberapa hari jelang Iran melakoni laga perdana di Grup B Piala Dunia 2018 melawan Maroko, Jumat (15/6) malam WIB.

"Sanksi AS berarti bahwa sebagai perusahaan AS, Nike tidak dapat menyediakan sepatu untuk pemain di tim nasional Iran saat ini," bunyi pernyataan Nike, seperti dikutip dari ESPN.

Kondisi ini cukup membuat pelatih Iran, Carlos Queiroz jengkel. "Para pemain sudah terbiasa dengan peralatan olahraga mereka sendiri, dan itu tidak benar untuk mengubahnya seminggu sebelum pertandingan," tutur Queiroz.

Dengan sedikit waktu untuk bereaksi, para pemain Iran telah mengambil berbagai langkah untuk memastikan mereka memiliki sepatu pertandingan. Beberapa telah meminta pemain non-timnas Iran di tim klub mereka untuk meminjamkan sepatu di luar merek Nike.

Ada juga yang terpaksa belanja mendadak produk-pruduk bukan Nike. Untuk seragam timnas, Iran masih beruntung memiliki kesepakatan dengan Adidas. (adk/jpnn)

 


Mendadak, pemain Timnas Iran terpaksa mencari sepatu bukan merek Nike hanya beberapa hari jelang Piala Dunia 2018.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News