Timses Anies-Sandi Genjot Kualitas Saksi Putaran Kedua

Timses Anies-Sandi Genjot Kualitas Saksi Putaran Kedua
Yupen Hadi dalam diskusi Kawal Pilkada. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com -Yupen Hadi selaku anggota tim sukses Anies Baswedan-Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang menjadi saksi di tempat pemungutan suara.

Hal ini dilakukan untuk menghindari kecurangan pada Pilkada DKI Jakarta 2017 putaran kedua. “Kami harus meningkatkan SDM saksi kami. Ini akan jadi kerja di putaran kedua,” kata Yupen dalam diskusi ‘Kawal Pilkada DKI’ di Cikini, Jakarta, Sabtu (4/3).

Yupen menjelaskan, peningkatan kualitas saksi dilakukan karena ada persoalan surat keterangan. Dia mencontohkan, ditemukan belasan surat keterangan yang tidak sesuai format pada putaran pertama.

“Dari awal sudah wanti-wanti kepada semua pihak agar tidak jadi modus kecurangan. Fakta di lapangan, contohnya TPS 22 ditemukan sebelas surat keterangan yang tidak sesuai format,” ucap Yupen.

Menurut Yupen, hal serupa bisa saja terjadi di TPS lain. Persoalan surat keterangan yang tidak sesuai format bisa memberikan kerugian kepada pemilih.

“Berapa banyak pemilih tidak memiliki hak pilih? Kepada siapa mereka berikan suaranya? ini evaluasi yang panjang,” ucap Yupen.

Dia menyayangkan tidak ada saksi yang komplain terkait persoalan surat keterangan. Persoalan tersebut baru diketahui setelah dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Bawaslu buka kotak, akhirnya ketahuan. Saksi kami ikut diam, enggak komplain. Kalau bahasanya Pak Fachrudin (anggota Bawaslu DKI Jakarta Achmad Fachrudin) dosa berjamaah. ” ujar Yupen. (gil/jpnn)


Yupen Hadi selaku anggota tim sukses Anies Baswedan-Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang menjadi


Redaktur & Reporter : Gilang Sonar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News